Mendapatkan Klien Bagi Freelancer Pemula

 

  1. Pastikan kamu tahu kemampuan kamu di bidang apa;
  2. Mulai cari pekerjaan lepas sesuai kemampuan kamu. Misalnya, kalau saya di bidang audio editing. Maka, saya cari yang berhubungan atau di kategori audio editing:

3. Kamu pelajari: Apa sih permasalahan para klien? Apa yang mereka butuhkan? Apakah kebutuhan mereka bisa saya atasi? Apakah mereka punya sample test? Kalau punya sample test, kamu silakan ikuti tes dan kirim sample hasil ke mereka. Kalau tidak ada sample test, kamu sebaiknya membuatnya. Kamu bisa rekam [dalam contoh kasus audio editing], lalu kamu edit dan jadikan sample portofolio. Misalnya, kamu rekam audio yang ada noise, lalu hasil editannya adalah menghilangkan noise. Kamu buat porto, sebelum edit dan setelah edit.

4. GOOGLING dan BACA PETUNJUK di situs pekerja lepas tersebut! Pelajari sistem dan tips-tips [biasanya di komunitas/grup], ada juga yang membagi tips dan trik tembus proposal klien di Youtube dan artikel yang GRATIS. Jadi, tolong budayakan membaca, ya. Banyak cari-cari ilmu!

5. Ramah terhadap klien ketika mengajukan bid atau proposal; Pakailah kata-kata yang sopan dan bersikaplah professional. Ingat, selalu sertakan portofolio ketika mengirim proposal agar klien bisa menilai kemampuanmu;

6. Terus perbarui portofoliomu, insya Allah ada klien yang nyantol. Oh, perhatikan juga harga, ya. Kalau kamu pemula dan minim pengalaman, mbok ya… kasih harga yang agak rendah daripada senior. Kan tujuannya pecah telur dulu. Kamu bisa riset harga pasaran untuk kemampuanmu, bandingkan dengan para pekerja lepas yang satu area skill denganmu. Namun, jangan jatuhin harga drastis juga… nanti kamunya misuh-misuh karena harga nggak sebanding pekerjaan. Contoh perbarui portofolio:

Jawaban terkait lainnya:

Jawaban Ariestanabirah untuk Apa baik buruknya menjadi pekerja lepas?

Jawaban Ariestanabirah untuk Bagaimana cara agar laku di Fiverr?

https://id.quora.com/share/Apa-pengalamanmu-bekerja-lepas-di-Upwork-15?ch=10&share=7785255b&srid=07PSY

Jawaban Ariestanabirah untuk Apakah kamu pernah mendapatkan project dari situs situs freelance seperti freelancer atau projects.co.id, maukah berbagi pengalamanmu cara mendapatkannya?

Jawaban Ariestanabirah untuk Apa pengalamanmu bekerja lepas di Upwork?

Jawaban Ariestanabirah untuk Apakah pernah ada yang ambil pekerjaan di freelancer.com? Apakah di sana info kerja valid dan dibayar atau kebanyakan adalah penipuan?

Jawaban Ariestanabirah untuk Bagaimana cara mendapatkan pembeli di Fiverr?

Jawaban Ariestanabirah untuk Apakah tantangan terbesar saat menawarkan jasa kita di situs freelance semacam fiverr ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)