Rekomendasi Podcast/Siniar Lokal (Indonesia)

 

Siniar yang saya rekomendasikan dan ada di Spotify adalah siniar HIDUPLAH INDONESIA MAYA oleh Pandji Pragiwaksono.

Pembahasan bang Pandji beragam mulai dari politik hingga isu sosial; tentunya dengan sudut pandang bang Pandji. Episode baru rilis per dua hari, jadi lumayan banyak episode dan bahasannya. Apalagi kalau rajin cek sosial media Twitter, bisa dapat bahan terus :).

Nah, sebagai penikmat karya bang Pandji, siniar ini melengkapi Youtube, Stand Up, dan buku bang Pandji. Tentu cukup berbeda dibandingkan ketika kita mendengar bang Pandji melakukan stand up, karena siniar lebih condong ke arah bang Pandji mengemukakan pandangannya terhadap sebuah isu. Kadang diselipi lelucon, sih.

Sebenarnya selain Spotify, saya juga mendengar podcast di Noice—khusus podcast lokal—. Kalau di Noice, favorit saya adalah:

Duo Musuh Masyarakat alias Coki dan Muslim. Mereka membahas hal-hal yang relevan dengan kehidupan masyarakat. Namun, dari sisi "musuh masyarakat". Contoh judul episode Musuh Masyarakat, antara lain:

Orang miskin dilarang berkembang biak

Kita boleh melawan orang tua

Pencemaran nama baik tidak berbahaya

Vaksin covid tidak penting

Saat ini, Musuh Masyarakat sudah di season 4. Walaupun Coki sedang direhab karena kasus sabu-sabu; Muslim masih melanjutkan siniar tersebut dengan menghadirkan beberapa bintang tamu yang berbeda.

Siniar BERBEDA TAPI BERSAMA dibawakan oleh Habib Husein Ja'far; si protektor helm level 3 Pemuda Tersesat. Habib Husein mengangkat tema bagaimana kita sebagai manusia yang punya banyak perbedaan, tetapi bisa berdiskusi dan belajar toleransi. Tokoh-tokoh yang diajak ngobrol oleh Habib Husein di siniar ini berasal dari beragam agama dan ras. Misalnya bikkhu, pendeta, seniman, hingga orang-orang penganut kepercayaan lainnya.

Scary Things mengangkat cerita-cerita pendek yang dialami para host yang memiiki kemampuan supranatural. Sering bikin bergidik~

Selain yang saya sebut di atas, kadang saya random pilih podcast sesuai kebutuhan. Misalnya, sedang ingin mendengar pembahasan tentang finansial, maka saya cari episode podcast yang membahas finansial. Kadang juga mencoba audiobook dari buku-buku yang belum sempat saya beli.

Satu hal lagi, podcast alias siniar yang saya rekomendasikan:

Konten dari siniar Bacot Aries Bacot atau BAB ini mayoritas prosa/puisi dengan tema beragam misalnya sosial, cinta, lewah pikir, insecurity, dsb.

Pranala:

Bacot Aries Bacot
Listen to Bacot Aries Bacot on Spotify. Bacot Aries Bacot kalau disingkat adalah BAB. Karena empunya bingung mau Aries Bacot atau Bacot Aries, jadinya disatuin aja jadi BAB yang bisa berarti Buang Air Besar. Karena, mirip dengan BAB biologis, BAB yang dibawakan oleh Ariestanabirah alias anggota sekte zodiak Aries ini adalah kumpulan kebacotan yang harus dibuang ke khalayak ramai. Siapa tahu bisa bermanfaat. Jadi, inilah kumpulan bacotan ala Ariestanabirah :). Semoga bermanfaat! Kalau nggak bermanfaat, tinggalin aja.

Terima kasih telah membaca!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)