Tips Background Webtoon-Komik

Sumber: https://qr.ae/pGXBoN

 

Sebenarnya saya tidak cukup kompeten untuk menjawab ini. Namun, saya menceritakan dari sisi editor yang pernah bekerja sama dengan para komikus dan background artist.

Salah satu rekan saya yang berprofesi sebagai background artist untuk webtoon adalah:

Shyafiranti Putri Hidayatillah
Shyafiranti Putri Hidayatillah is on Facebook. Join Facebook to connect with Shyafiranti Putri Hidayatillah and others you may know. Facebook gives people the power to share and makes the world more...

Beberapa hasil background-nya bisa dilihat di:

Reapers Don't Love | Tapas
Vior is Heaven's top Reaper and he only needs to collect one more soul before reincarnation. But, there's a problem...he can't kill his final target, an attractive man named Alex. Poison, car crashes, whether magic or more, Vior can't harm him. So, Alex makes a proposition: he will hand over his soul if...Vior can steal his heart. Can the romantically dense Vior make the narcissistic Alex fall for him and become human again?
Grotie Meets Allura :: The Ugliest Creature | Tapas
Bullied due to his extremely unattractive features, Grotie has given up on himself. However, he is determined to marry a beautiful girl so that he can leave behind beautiful children. When a contest opens to win the hand of the lovely Princess Allura, Grotie gives his all. Little does he know, the princess is also fighting alongside her suitors in disguise, to prove to her mother she can fight her own battles.
Cupid's App
Sebuah aplikasi perjodohan bernama Cupid’s App muncul di HP semua orang secara misterius dan tidak bisa dihapus. Jeane, mahasiswi quirky tanpa terduga dipasangkan oleh Cupid’s App dengan Bran, trainee boyband di sebuah agensi kecil, yang juga merupakan orang yang membuatnya trauma dengan cinta.
OCEAN MEMORIES
Suatu malam, pusaka pelindung duyung dicuri. Nerissa, putri mahkota yang mengetahui hal ini pun mengejar para pencuri. Tanpa ia duga, pengejaran cincin tersebut mempertemukan Nerissa dengan manusia yang dulu menjadi sahabatnya. Sayangnya, sahabatnya sekarang sangat membenci duyung.

Umumnya ada beberapa hal yang diperhatikan:

  1. Mempersiapkan alat dan software. Kebutuhan membuat dan me-render background membutuhkan waktu yang cukup lama dan spesifikasi komputer/laptop yang mumpuni agar lebih efisien dalam waktu. Butuh cost juga untuk membeli software yang punya fitur premium. Umumnya background artist memakai Sketch Up untuk membuat background.
  2. Membaca naskah/konsep cerita/storyboard untuk tahu latar apa saja yang diperlukan terutama jika latar tersebut cukup kompleks [seperti kota, dunia fantasi]
  3. Komunikasi yang intens dengan penulis cerita/komikus/editor untuk tahu apakah latar yang disiapkan atau referensinya sudah sesuai dengan kebutuhan cerita. Misalnya, jika cerita berlatar abad ke-18 di Inggris, maka bangunan dan lingkungan disesuaikan dengan sejarah [agar lebih autentik]
  4. Background artist yang sudah mendapatkan referensi/daftar aset background [termasuk furniture dan detil barang] membuat atau mencari aset tersebut. Idealnya hal ini dilakukan ketika konsep cerita sudah ACC platform/editor/studio [tempatnya bekerja]. Jika asetnya berbayar [misalnya membeli dari aset webtoon Korea, background artist bisa mengajukan ke penulis/komikus/editor/studio/platform apakah bisa membiayai hal itu]. Membeli aset jadi bisa memangkas waktu produksi dibandingkan membuat aset dari awal. Namun, jika ongkos membeli aset tidak disetujui, background artist membuat sendiri, mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama.
  5. Jika komikus ingin memasukkan background-nya sendiri tanpa bantuan background artist. Maka, background artist mungkin perlu mengajari bagaimana cara mengimpor/menata background tersebut di panel-panel komik.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)