Apa Itu Premis, Logline, dan Sinopsis

Premis adalah satu kalimat yang memuat inti cerita dan biasanya punya formula:

"[deskripsi karakter] + [aksi/tujuan]+[cara]".

Dari formula ini, sudah bisa terlihat hook-nya seperti apa. Oh ya, di sini karakter belum diberi nama, tetapi menggunakan deskripsi karakter misalnya: seorang anak yang tidak punya kekuatan atau seorang putri lemah. Tujuan karakter haruslah sesuatu yang sulit, agar cerita tidak cepat selesai dan pembaca tidak bisa menebak akhirnya. Tujuan juga harus realistis, yang tidak bisa diselesaikan sejak awal sementara cara adalah bagaimana cara karakter mencapai tujuannya.

Logline adalah penjabaran premis dalam 3-4 kalimat. Logline jangan terlalu panjang, dan jangan hanya memuat awal cerita. Logline harus mampu 'membungkus' garis besar cerita. Di sini sudah boleh pakai nama. Ada formula sendiri untuk logline, dan ini bukan patokan mati, tapi biasanya cukup membantu. Satu kalimat menjelaskan kondisi karakter saat ini dan tujuannya, satu kalimat menjelaskan motivasinya, satu kalimat menjelaskan tantangan yang dia hadapi, satu kalimat yang menunjukkan bagaimana dia menghadapi tantangan itu.

Sementara sinopsis adalah ringkasan keseluruhan cerita secara kronologis dalam ~1.5 halaman. Patut diperhatikan di sini, sinopsis harus runtut dan terstruktur meskipun dalam eksekusinya banyak memanfaatkan kilas balik, alur bacaan dalam sinopsis harus dapat diikuti dengan mudah dan tidak terlalu banyak berpindah waktu bolak-balik.

[jawaban saya dibuat berdasarkan hasil pelatihan saya ketika saya menjadi editor komik di Kisai Entertainment]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)