Bagaimana Cara Menerbitkan Novel?

Hm, menurut saya ada beberapa cara:

  1. Pastikan kamu sudah mulai menulis novel atau lebih baik lagi sudah menyelesaikannya.
  2. Ada beberapa alternatif untuk menerbitkan novel: 1). Terbit online melalui penerbit indie atau platform. 2). Terbit cetak oleh penerbit mayor. Tentukan kamu mau terbit yang seperti apa? Pelajari juga novel-novel yang mereka terbitkan seperti apa? Syarat-syaratnya apa? Sudahkah naskahmu memenuhi persyaratan mereka?
  3. Jika kamu memilih penerbit indie [kamu mengeluarkan uang untuk biaya-biaya editorial dan kebanyakan tidak didistribusikan ke toko buku melainkan dijual via online saja].], silakan cari penerbit indie yang syarat-syaratnya sesuai dengan kemauanmu. Misalnya: PENERBIT HARFEEY
Jika kamu memilih terbitin dulu di platform sembari membangun basis pembaca dan siapa tahu bisa dilirik penerbit, maka kamu bisa unggah di: Wattpad [Wattpad - Where stories live], Storial [Storial.co: Baca Buku Online Gratis dan Berbagi Cerita], Gramedia Writing Project [Gramedia Writing Project], Mangatoon [Free manga, comic and novel reader online], Digital Publishing System Gramedia [Digital Publishing System], hingga Cabaca [Cabaca
  1. ]
  2. Kalau kamu mau terbit cetak oleh penerbit mayor [buku fisik didistribusikan ke seluruh Indonesia, ongkos ditanggung penerbit] maka: kamu buka halaman belakang buku-buku bacaan yang kamu sukai, lihat situs atau alamat penerbit, atau… kunjungi situs/sosial media penerbit dan cari alamat/surel editorial.
  3. Kirimkan naskah novelmu dan tunggu jawaban editorial.
  4. Kalau lolos, kamu akan mendapatkan surat perjanjian/kontrak penerbitan. Lalu naskahmu akan dibaca dan disunting editor. Ada kemungkinan untuk direvisi, lalu tek-tok antara editor dan penulis. Kemudian, setelah ACC, novelmu akan dibuatkan layout, sampul, hingga blurb. Editor akan mengirimkan hasil layout, sampul, dan blurb ke kamu.
  5. Ketika tanggal terbit sudah ada, editor akan menginformasikan ke kamu.
  6. Kamu akan mendapatkan bukti cetak [biasanya 5 eksemplar jika diterbitkan oleh penerbit mayor]
  7. Silakan pergi ke toko buku untuk melihat sendiri apakah novelmu sudah dipajang di rak toko buku? Lalu, bisa cek sosmed penerbit dan toko buku daring juga.

Jawaban saya berdasarkan pengalaman pribadi :).

Cerita lebih lanjut di balik penerbitan:

Yesterday in Bandung:

http://www.ariestanabirah.com/2015/12/yesterday-in-bandung-novel-elex.html

Menulis Novel Keroyokan - Kolaborasi

Dear, Me:

Dear, Me [Info Terbit Novel]

Cuko:

Menikmati novel bertema makanan: Cuko

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)