Penulis Favorit

Dan Brown. [1][2]

Saya kepincut novel-novelnya Dan Brown sejak lulus SMA, ketika tak sengaja nemu novel Angels & Demons yang ternyata dipinjam oleh tante saya dari temannya :). Setelahnya, saya membaca Da Vinci Code diikuti novel-novel selanjutnya meski ada juga yang belum saya baca, terakhir baca Origin.

Saya suka tema yang diangkat Dan Brown: thriller - ilmu pengetahuan/seni - agama/simbol. Tentu, yang paling membekas di ingatan saya adalah Angels & Demons karena dia 'bermain' dengan setting vatikan dan para paus. Saya juga menonton semua hasil live action novel-novelnya.

Pandji Pragiwaksono[3][4]

Saya tahu nama Pandji Pragiwaksono sebagai presenter TV. Namun, ketika bukunya berjudul Indiepreneur dipromosikan oleh penerbit Bentang Pustaka via Twitter, saya langsung tertarik dengan kutipan-kutipannya.

Saya beli dan baca, lalu mulai membaca buku-buku lain yang ditulis Pandji serta mulai menonton stand up comedy-nya. Saya menyukai cara Pandji berargumen terutama isu-isu yang menjadi sorotannya. Mulai dari isu pemerkosaan, ganja, prostitusi, berkarya, 1998, 1965, HAM, Munir, Toak masjid, dsb yang menurut saya dia paket komplit. Dia mampu mengangkat isu-isu 'berat' [bagi saya yang waktu itu baru lulus kuliah] dan membuat saya berpikir, "Oh… ternyata toak masjid ada Undang-Undangnya. Oh, ternyata kasus Munir sampai sekarang masih belum ada titik terangnya? Aksi Kamisan belum maju-maju juga?"

Saya akhirnya belajar kalau masih banyak PR negara kita, masyarakat kita. Saya sebatas tahu Munir itu tewas di pesawat. Namun, mengapa Munir dibunuh atau mengapa kita harus terus menanyakan kebenaran kasusnya adalah sesuatu yang lebih dimengerti oleh generasi di atas saya [karena saya kan masih kecil waktu kasus Munir terjadi].

Jadi, bit-bit Pandji maupun tulisan di bukunya, semacam… membuka diskusi baru antar generasi.

Saya belum nemu http://Nasional.is.me

dan Merdeka Dalam Bercanda T_T, pengen baca itu [walau saya sudah nonton stand up comedy-nya]. Menurut saya, buku-buku Bang Pandji layak untuk dibaca terutama kalangan anak muda [SMA/Kuliah].

Ran Orihara[5] [6][7]

Ran Orihara adalah nama pena seorang penulis Indonesia yang menulis dengan latar Jepang dan gaya tulisannya pun seperti novel terjemahan.

Saya sudah membaca dan mengoleksi semua bukunya <3. Meski, buku pertamanya tidak habis saya baca karena terlalu tebal dan bertele-tele T_T [sorry]. Namun, novel-novel selanjutnya lebih ringan dalam jumlah halaman dan padat.

Alasan saya menyukai tulisan Ran Orihara adalah… temanya. Saya menyukai novel Jepang [seperti yang diterbitkan oleh penerbit Haru]. Ketika pertama lihat novel Ran Orihara, Doki-Doki Game, saya kira novel terjemahan Jepang. Saya tertarik dengan temanya [seperti ala anime gitu], dan beli. Lalu, saya langsung berburu novel-novelnya Ran yang lain. Doi minim di romance, tetapi… jadinya malah manis sekali. Fokus novel-novelnya adalah tema dan impian. Misalnya, di Bokutachi no Unmei, fokus pada cerita bagaimana pemeran utamanya menjadi aktris.

Saat ini, Ran bergeser ke novel pop dan mempunyai Wattpad:[8]

Yang baru terbit adalah The Supernumerary Project. Tentu, sebagai pembacanya saya sudah beli walaupun di Wattpad saya belum baca novel-novelnya karena saya kurang suka baca digital, sakit mata >_<. Namun, novelnya tebal dan font-nya kecil sekali T_T. Entah bagaimana, baru berapa halaman, saya sudah capek [I'm sorry, padahal saya sudah menunggu novelnyaaaa]. Sejujurnya yang saya sukai dari Ran itu "kejepangannya". Namun, ketika tahu dia pakai setting ibukota… jadi berubah bagi saya.

Ya, saya suka novel dengan bahasa ala terjemahan atau sedikit kaku. Karena itu, saya sangat jarang baca novel Indonesia apalagi pop. Tulisan saya pun cenderung kaku walau di novel saya, saya harus 'menyesuaikan' latar dengan memakai 'gue-elu' untuk seorang karakter. Preferensi saya memang begitu…

Mungkin, Ran juga menyesuaikan dengan latar ceritanya. Tapi ya… apalah saya sebagai pembaca.

Untuk saat ini, baru tiga penulis tersebut yang saya ikuti buku-bukunya. Saya paling suka penerbit Haru, karena balik ke preferensi, saya menyukai buku Jepang, juga Korea. Hasrat baca saya bisa dipenuhi oleh penerbit Haru <3. Sekarang lagi mengincar Hyouka 5.

Catatan Kaki

[2] Image on bing.net[3] Google Image Result for https://i.gr-assets.com/images/S/compressed.photo.goodreads.com/books/1433739880l/25685886._SY475_.jpg[4] Google Image Result for https://pbs.twimg.com/profile_images/1233402178561118210/EKvhmTO3_400x400.jpg[5] Image on arsnewsy.com[6] Search results for "ran orihara" (showing 1-7 of 7 books)[7] Image on gstatic.com[8] aranindy - Wattpad

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)