Memberi Hadiah Buku Untuk Seseorang

 

Thanks pertanyaannya, Munita Elvisa

Kalau buku sebagai hadiah, BOLEH DONG. Tapi, coba cek dulu beberapa hal:

  1. Berapa budgetmu?
  2. Siapa si penerima hadiah? Berapa usianya? Apa yang dia suka baca? Kalau tidak suka baca, apa kegiatan yang ia sukai atau apa masalah yang tengah dia hadapi?
  3. Masih bingung karena terlalu banyak buku? Coba tanya, dia lagi ngincar buku apa [di sosmed atau akun Goodreads-nya]. Bisa juga tanya, mo buku apa? Jadi, bukunya bebas apa aja, mo filsafat/self help/novel/komik/hingga buku kumpulan foto juga boleh! Orang mah dapat hadiah aja sudah sangat senang :).

Dulu teman-teman kuliah saya bingung mo ngasih hadiah apa, takut saya nggak pakek hehe. Jadi, saya minta beliin buku Dan Brown, karena harganya cukup mahal untuk anak kuliahan seperti saya waktu itu. Mereka pun patungan dan saya langsung milih di Gramedia bareng mereka. Malah, disuruh pilih yang lain juga >_<. Ya, langsung aja saya beli dua buku yang harganya di atas Rp.100.000/buku [waktu tahun 2013/2014-an].

Saya pun termasuk tipe yang PASTI memberikan hadiah buku ke teman-teman saya, terutama kalau mereka nikah. Buku pedoman pernikahan akan saya hadiahi! Atau… buku seru-seruan untuk diisi bareng kayak ini [bukan jualan, ya]:

Kalau si penerima hadiah berusia 20-an, kamu bisa pilih buku-buku yang membahas QUARTER LIFE CRISIS, seperti:

Buku-bukunya Rando Kim:

Karena saya tidak tahu latar belakang orang yang mau dikasih hadiah buku tersebut, saya amat sangat menyarankan buku-bukunya Rando Kim. Atau, kalau dia kurang suka membaca, lebih baik buku yang agak tipis/komik:

Kalau saya pribadi, sebagai orang yang suka membaca nonfiksi juga, saya mah bacaannya Pandji Pragiwaksono, Gita Savitri, atau Maudy Ayunda. Ya, balik lagi ke selera si target penerima hadiah. Kalau dia suka masak, ya hadiahkan buku resep atau berhubungan dengan masak-memasak dll.

Semoga berhasil!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)