Cara Mendapatkan Pelanggan Pertama di Fiverr?

 

Saya punya akun Fiverr sejak 2016, tetapi karena nggak lolos tes bahasa Inggris [waktu itu saya mencoba gig penerjemah], jadinya… ya udah, lupa. Sampai akhirnya, di Maret 2020, saya aktifkan lagi Fiverr. Namun, saya menjual jasa yang berbeda, yakni typesetting komik webtoon/manga. Kemampuan yang saya dapatkan sewaktu menjadi editor komik :). Saya mencantumkan portofolio saya seperti ini:

Beberapa hari kemudian, saya dikontak oleh calon klien dan saya minta sample komiknya dan saya bikinin sample hasil. Setelah sample hasilnya ok, kami deal. Akhirnya, tiap chapter baru [tiap minggu], dia selalu order saya. Seperti ini contohnya, klien saya hanya dia :):

Setelah bikin gig pertama pun, saya hanya sebar link di Twitter saya yang pengikutnya hanya 150 akun [entah yang aktif berapa karena teman-teman saya sudah cau dari Twitter]. Jadi, saya benar-benar faktor beruntung karena tiba-tiba dapat klien yang loyal/repeat order, hingga hari ini [barusan saya deliver chapter terbarunya].

Menurut saya, gig adalah modal pertama yang harus diperhatikan, seprofessional mungkin porto kita. Lalu, kata kunci juga disesuaikan agar calon klien kita bisa menemukan kita. Kalau ada yang nanya-nanya, ladeni dengan ramah. Kalau belum dapat-dapat juga, bisa coba fitur buyer request, siapa tahu ada rekues yang bisa kita kerjakan. Kalau nggak ada-ada juga, coba cari rejeki di tempat lain juga, tidak terpaku di satu tempat.

Jadi, kalau ada yang butuh typesetter untuk komik/webtoon/manga, kontak saya, ya! [maaf jadi jualan].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)