Penyanyi Jepang Favorit 2020

Sebagai penggemar solois Jepang aka solois Jpop, saya pernah mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi yang ditanyakan.

Ayumi Hamasaki[1]

Ayu adalah diva Jpop yang masih eksis hingga saat ini, single barunya dirilis Juli ini dan dorama yang diangkat dari kisah nyatanya di awal karir juga ditayangkan [M Aisubeki Hito ga Ite]. Ayu pantas jadi diva dan queen of jpop di mata saya. Lagu-lagunya enak-enak dan performnya di konser sangat bagus dan enerjik. Meski, dia memiliki masalah di pendengaran T_T.

Saya 'kenalan' dengan Ayu di anime Inuyasha yang dulu ditayangkan di Indosiar, lewat lagu Dearest. Sejak saat itu, saya mendengar banyak lagu anime dan nyasar ke Jpop. Saya akrab dengan lagu-lagu Ayu dan menonton live-nya [di Youtube sih] karena Avex [label musik yang menaunginya] mengunggah live-live konser Ayu.

Saya merekomendasikan Anda mendengarkan: Dearest, You Were, Together When, Heaven, Last Minute, Depend on You, Trust, Voyage, Scar, Moment, Seasons, Hanabi, Trauma, Boys and Girls, Marionette, You, My Name is Woman, A Song for XX, M, dll.

Sebenarnya masih banyak, tapi ini yang TOP di otak saya :). Ayu sangat bagus sekali dengan lagu Ballad, liriknya apalagi :).

Hikaru Utada[2]

Kalau Utada Hikaru aka Hikki, saya kenalnya lewat lagu booming "FIRST LOVE". Saya rasa, pasti yang sudah lahir di awal 90-an pernah mendengar lagu andalannya tersebut :). Hikki punya suara yang agak rendah dibanding Ayu, mereka pun satu label.

Lagu-lagu Hikki yang saya rekomendasikan: First Love, Beautiful World, Prisoner of Love, Flavor of Life, Automatic, Sakura Drop, Can You Keep A Secret?, Nijikan Dakeno Vacance.

Saya tidak mengikuti Utada Hikaru, tetapi kadang kalau muncul di beranda Youtube, saya cek juga, enak atau nggak lagunya :).

Mai Kuraki[3][4]

Mai Kuraki adalah MY QUEEN <3.

Mungkin namanya 'kurang terkenal' di Indonesia karena belum ada hitsnya yang booming di Indo seperti First Love-nya Utada Hikaru. Namun, bagi kalian yang suka nonton Detective Conan terutama movie-nya, pasti… PASTI… pernah dengar atau mungkin hafal suaranya Mai Kuraki. Mai banyak mengisi OST Conan hingga akhirnya mengeluarkan album kolaborasi Mai Kuraki dan Conan yang merupakan kumpulan lagu yang menjadi OST Detective Conan.

Foto Mai yang berbaju kimono merah adalah foto single untuk Detective Conan The Movie 21. Lagunya berjudul Togetsukyou -Kimi Omou-.

Saya mendengarkan lagu Mai pertama lewat Conan, Movie 7 yaitu lagu Time After Time ~Hanamau Machi de~. Setelahnya, masih lewat Conan, saya menyukai Always, Secret of My Heart, Growing of My Heart, Shiroi Yuki, Start in My Life, dll.

Kemudian, di tahun 2008, tanpa sengaja saya nemu MP3 bajakan yang ada album baru Mai, One Life. Langsung, saya dengerin sealbum itu dan JATUH CINTA ke HAMPIR SEMUA LAGU [kecuali satu lagu yang menurut saya kurang enak]. Saya akhirnya mulai mengikuti Mai, mendengarkan semua albumnya, menonton DVD-DVD konsernya, hingga saat ini :).

Saya belum ketemu penyanyi Jepang yang bikin saya ngikutin terus [Ayu pun tidak saya ikuti terus, ya. Nggak dipantengin]. Kalau dari segi lirik, saya lebih menyukai lirik Ayu yang lebih ngena dan dalam. Namun, Mai punya 'kelembutan' dan 'keoptimisan', bahkan… dia sangat sopan :). Doi nggak bisa luwes nari/koreo, jadi… kalau live, ya… gerakannya agak kaku, pakaiannya juga sopan [meski ada juga dia pakai dress mini. Tidak seperti Ayu yang lebih terbuka pakaiannya]. Mai lurus aja gitu… [gimana ya jelasinnya haha]. Oh ya, musiknya pop dan R&B FYI.

Lalu, dia bikin konser ORKESTRA dan ngeluarin album LIVE OPUS [diiringi orkestra]. Tambah saya jatuh cinta dong karena saya dulu sering bayangin kalau lagu-lagunya Mai dibawain oleh orkestra T_T.

Kesimpulannya, saya SANGAT SANGAT SANGAT MEREKOMENDASIKAN Anda mendengarkan Mai Kuraki. Boleh dimulai dari OST Detective Conan: Secret of My Heart [ketika ngetik ini, lagunya main di Youtube saya], Time After Time, Togetsukyou -Kimi Omou-, Always, Kimi to Koi no Mama de Owarenai Itsumo Yume no Mama ja Irarenai, Your Best Friend, Shiroi Yuki, Puzzle, Ichibyou Goto ni Love For You, Revive, Growing of My Heart, Koi ni Koishite, Summer Time Gone, Yesterday Love, Dynamite, Barairo no Jinsei. Upss… saya hampir menyebutkan semua lagunya di Conan >_<. Tapi, memang SEAPIK itu bagi saya.

Rekomendasi selain Conan: Love, Day After Tomorrow, Secret Roses, Aitakute, I Sing A Song For You, Koyoi wa Yume wo Misasete, Be With U, Touch Me, Break The Tone, Stay The Same, Beautiful, Safest Place, Perfect Crime, 1000 Mankai no Kiss, Stay by My Side, Never Gonna Give You Up, Tonight I Feel Close to You, My Victory. Huft, masih banyak >_<.

Intinya, nggak rugi kalau kalian coba dengerinnya. Siapa tahu kecantol :).

Kana Nishino[5]

Kalau Kana, saya jarang dengerinnya. Yang bisa saya rekomendasikan hanya lagu lamanya: Aitakute Aitakute

Mika Nakashima[6]

Suaranya Mika cenderung 'berat' di telinga saya. Saya ingatnya lagu Glamorous Sky kalau dengar nama Mika Nakashima :).

Hm, dari pembahasan ini… saya kira Anda sudah tahu apa jawaban saya :).

Catatan Kaki

[2] Image on akamaized.net[3] Image on wapkizfile.info[4] Image on googleusercontent.com[5] Image on generasia.com[6] Image on ytimg.com

Komentar

  1. Aku juga suka denger musik Jepang, diantara penyanyi yang disebutkan diatas, aku suka Ayumi Hamasaki, Utada Hikaru, Mai Kuraki dan Nishino Kana. Menurutku mereka lagunya enak-enak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)