Awas Penipu di Situs Pekerja Lepas Aka Freelance

Saya tergabung di beberapa situs freelance, termasuk freelancer.com. Tapi, selama nge-bid di freelancer.com, saya kurang beruntung, belum pernah lolos dan saingannya banyak banget. Baru aja semalam saya ketipu lowongan fiktif.

Lowongannya menggiurkan karena 'mudah': mengetik tulisan tangan ke dokumen. LoL, karena butuh kerjaan freelance, saya bid, dong. Tak lama, klien yang posting kerjaan itu nge-chat, ini chat-nya:

Pas dibuka, ternyata dia marketing situs freelance baru!!! Saya langsung ngadu ke http://freelancer.com

dan ngeluarin unek-unek. Gimana bisa spamming dan penipuan kerja itu lolos [dan saya yakin banyak penipuan/spamming di sana]. Saya nggak tahu ada verifikasi klien/project nggak di freelancer.com

tapi, bener-bener deh… bete banget.

Tadi saya cek, akun Benyamin itu sudah hilang. Akun palsu.

Saya juga pernah ditipu, lebih parah lagi. Dulu, ketika awal nge-freelance, saya terima order via chat dan tek-tokkan ama klien di luar platform. Bodohnya, saya nggak minta DP. Saya ditugaskan mengetik 100 halaman tulisan tangan ke notepad kayak gini:

Trus, janjinya dibayar setelah 100 halaman selesai. Selama pengerjaan, saya laporan tiap hari dan dia responsnya cepat. Tapi, setelah selesai semuanya, dia tidak membalas saya dan menghilang. Ini akun si penipu itu:

Kepada teman-teman freelance atau yang mau jadi freelance, hati-hati dengan penipuan. Saya belajar bahwa:

  1. Jika klien tidak menuliskan lengkap dan detil pekerjaan yang ditawarkan, waspada, itu mungkin penipuan.
  2. Transaksi pekerjaan via platform! Jangan mau di luar platform karena kita bisa ditinggalkan dan tak bisa menuntut hak kita. Jika di platform [terutama platform yang bisa dipercaya seperti fiverr dan projects.co.id], mereka menjadi mediator dan memastikan klien sudah membayar sehingga hak kita sebagai pekerja aman.
  3. Kerjakan setelah platform memberi notifikasi pengerjaan bisa dimulai.
  4. Jika terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan, lapor ke platform.

Edit:

Thank you komennya Ghaniyy Firmansyah

Saya menulis pengalaman saya di pertanyaan yang ini:

Jawaban Ariestanabirah untuk Apakah kamu pernah mendapatkan project dari situs situs freelance seperti freelancer atau projects.co.id, maukah berbagi pengalamanmu cara mendapatkannya?

Goodluck, Teman-teman Freelancer!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)