Meneliti Wattpad Indonesia [Diari Penelitian]

Halo!

Saat ini saya di masa suram.

Apakah kalian tahu tentang aplikasi/situs bernama Wattpad? Apa kalian sewaktu berada di toko buku baik daring atau laring melihat novel yang ada tulisan "Dibaca sekian juta kali" atau "Wattpadlit" atau "Best seller (+ada logo Wattpad)"?

Salah satu contoh novel Wattpad yang best seller

Ketika saya ke toko buku dan lihat cap sampul Wattpad, saya menyimpulkan ada sesuatu di Wattpad -terutama Wattpad Indonesia. Saya tahu dan mendaftar Wattpad sejak tahun 2013 tapi ditinggalkan karena sepi. Tahu-tahu, berapa tahun kemudian (sekitar 2015) novel-novel Wattpad menghiasi toko buku. Sekarang, banyak sekali novel Wattpad yang memasang label "Best seller" atau "National Best Seller" hingga "Mega Best Seller" (terus saya balik ke Wattpad :p)

Wow bangets!

Novel saya yang dijajarkan terasa bak anak tiri (eh curhat). Saya sih yang menyejajarkannya :p, biar dikira novel beken dan banyak pembacanya juga (ketawa).

Btw ya, setelah ditolak beberapa penerbit, naskah Dear, Me saya masukkin ke Wattpad (Dear, Me di Wattpad) tapi tidak sampai 1000 kali dibaca (hiks) bahkan setelah terbit mayor. Ya... mana bisa dicap dengan "Dibaca lima ratus kali di Wattpad". Bab-nya aja ada 16 (misal), kalau 500/16 = 31,25 (sekitar 31 orang yang berpotensi jadi pembaca, yang mengikuti 16 chapter). Belum ditambah kemungkinan saya klik terus hingga view-nya banyak (ketawa licik dan miris). Syukurlah, Dear, Me mendapatkan jodohnya di penerbit mayor tanpa melihat statistik Wattpad >_<.

Kalau misalnya naskah saya terbit jika follower Wattpad saya sudah ribuan, ya... zaman kapan itu terjadi?

Well, saya cuma intermezzo menyentil kehidupan saya dan naskah. Buat kalian yang mengorbit karena Wattpad, itu jalan kalian... semua (calon) penulis memiliki jalannya masing-masing, media masing-masing.

Oke, kembali ke masa suram saya. Saat ini saya membutuhkan bantuan kalian-kalian yang tahu tentang Wattpad, entah sebagai penulis, pembaca, editor, pemerhati, blogger, atau apa aja deh yang memakai Wattpad, tolong isi kuisioner saya, ya!


Klik ini: KUISIONER WATTPAD

Tiada kesan tanpa pengisian kuisioner tersebut!

Kalaupun kalian bukan makhluk pengenal Wattpad, bisa bantu saya dengan menyebarkan tautan tersebut, ya!

Begitu dulu pembuka dari diari penelitian. Sebisa mungkin saya akan berbagi keluh-kesah-capek penelitian di sini (biar blog nggak kosong aja sebenarnya).

Dah! Makasih ya kalau kalian menyempatkan isi kuisioner dan membagikannya. Semoga kalian diberkahi Tuhan! Aamiin!

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)