• Lucy dari Fairy Tail: Lemah? Heroine? [Awas Spoiler!]






    Dalam serial komik/anime Fairy Tail [FT], tokoh favorit saya adalah Lucy Heartfilia -sang heroine. Tulisan ini didedikasikan untuk Lucy, setelah satu minggu lebih berlalu semenjak komik Fairy Tail TAMAT (chapter 545).

    Perjalanan Lucy dimulai semenjak ia memutuskan kabur dari rumah mewah dan meninggalkan status sebagai anak konglomerat karena berniat memasuki sebuah guild penyihir "Fairy Tail". Di perjalanan, ia bertemu "Salamander" (palsu) yang mengaku penyihir dari FT. Di sini juga, Lucy bersua dengan Natsu dan Happy yang mendengar rumor salamander dan berharap salamander tersebut adalah seekor naga merah bernama Igneel (ayah asuh Natsu yang menghilang). Natsu yang muncul tiba-tiba tanpa sengaja "melepas" mantra pesona yang digunakan salamander palsu pada Lucy (dan para wanita, tetapi cuma Lucy yang terlepas dari pengaruh mantra). 

    Setelah mentraktir Natsu dan Happy, yang menurut Lucy telah menyelamatkannya dari pesona salamander palsu, Lucy tetap pergi ke acara di sebuah kapal yang dihelat salamander palsu. Di sini Lucy diperlihatkan sebagai perempuan yang logis dan hati-hati, dia mengetahui ada obat tidur dalam minuman yang disuguhkan salamander palsu. Di cerita ini juga Lucy menunjukkan kekuatan sebagai penyihir roh bintang dengan memanggil Aquarius, yang memporakporandakan kapal dan pelabuhan --termasuk Lucy. Setelah salamander palsu dikalahkan (tentu Natsu berperan besar di sini), Natsu mengajak Lucy ke guildnya, Fairy Tail.

     
    Setelah menjadi anggota baru FT, Lucy dipinta Mirajane mengikuti Natsu dan Happy yang mencari Macao. Di bagian ini, Lucy menggunakan Taurus untuk membantu Natsu bertarung dan menyelamatkan Macao --jangan lupa dengan Horologium yang melindungi Lucy dari dinginnya udara gunung--. Kali ini, Lucy ditunjukkan sebagai tokoh perempuan yang ragu-ragu bahkan berniat pulang saja karena tidak tahan dingin. Di akhir cerita pun, Lucy mengakui kalau dirinya lemah.


    Tawaran dari Natsu lantas datang, Natsu dengan seenak jidat --dipinjami Mirajane kunci rumah Lucy-- mengajak Lucy membentuk tim dengan alasan Lucy baik [dan di beberapa chapter, Natsu maupun Happy menganggap Lucy sebagai dewi karena memberi mereka makan dan tempat tinggal].


    Terbentuknya tim Natsu [Natsu, Happy, Lucy] pun dimulai. Sebelumnya, Natsu tidak membuat tim dengan siapa pun --Happy adalah partner--. Seiring cerita, Erza Scarlet yang juga tanpa tim dan Gray Fullbuster yang kucing dan tikus dengan Natsu serta Wendy Marvell bergabung di tim Natsu.
      

    Perlahan Lucy terlibat dalam misi dan kekuatannya sebagai penyihir roh bintang meski tidak mengambil bagian sebesar Natsu/Erza dalam pertarungan, tetapi membuat Lucy --yang notabene penyihir baru-- tumbuh kuat sedikit demi sedikit. Di misi-misi tersebut juga Lucy memperoleh kunci-kunci baru seperti Virgo, Sagitarius, Gemini, hingga Leo --sepanjang FT, Lucy berhasil mengumpulkan 10 kunci gerbang emas [10 zodiak kecuali Libra dan Pisces] meski kunci Aquarius "patah" sehingga tersisa 9 kunci.

     
    Lucy dipercaya --setidaknya-- oleh Natsu dan Erza sebagai penyihir hebat/kuat. Selain itu, Lucy juga menonjol dalam hal kecerdasan. Sebagai seorang penulis dan pembaca buku, pengetahuan Lucy merupakan senjatanya [di arc ujian kelas S, pulau Tenrou, Loki dan Gray memutuskan mengikuti Lucy diam-diam karena yakin Lucy memecahkan teka-teki pencarian makam Mavis Vermillion]



    Meski secara fisik, Lucy "lemah" tapi kepercayaan diri dan mentalnya kuat. Gadis yang biasanya hidup nyaman sebagai "tuan putri kaya" tiba-tiba menjadi penyihir yang harus kerja keras di misi [yang bisa mengancam nyawa], tapi Lucy tidak sekalipun mundur walau di mulut dia sering berkata ingin pulang saja. Lucy pun tak malu mengakui kelemahannya, di sisi lain dia tipe hangat yang baik hati tanpa pandang bulu [seperti ketika ia mengkhawatirkan Flare dari Raven Tail yang curang ketika bertanding melawan Lucy di pertandingan sihir akbar].

    Lucy menghadapi ayahnya yang menyerang FT dengan bantuan guild Phantom

     Lucy menyebut dirinya "terlemah"

    Lucy merasa bertarung dengan Hades (mantan master FT, master Grimoire Heart) bukan laganya tetapi Natsu memintanya ikut karena mereka satu tim.
     
     
    Lucy merasa bingung karena dipilih ikut pertandingan sihir akbar

    Lucy yang kehabisan tenaga harus menghancurkan salah satu "kaki" Grimoire Heart



    Lucy melawan anggota Grimoire Heart - Kain Hikaru


    Lucy mengkhawatirkan Flare setelah melihat memar di tubuh Flare

    Selain peduli dan baik hati pada orang lain, Lucy juga baik pada roh bintang sehingga para roh bintang bahkan raja roh bintang memperlakukan Lucy dengan bersahabat. Sampai-sampai, Yukino dari Sabertooth berniat menyerahkan dua kunci gerbang emas miliknya pada Lucy karena merasa Lucy berhak memilikinya. 


    Lucy menyelamatkan Loki (Leo)

    Yukino ingin menyerahkan dua kunci gerbang emas pada Lucy

    Lucy diberi pesta kejutan oleh raja roh bintang dan roh bintang untuk merayakan kembalinya Lucy setelah tujuh tahun terjebak di pulau Tenrou.


    Dengan bantuan Ultear dari Sorciere Crime, Lucy merilis second origin yang membuatnya jauh lebih kuat di pertandingan sihir akbar. Di sela pertandingan sihir akbar juga, Jellal merasakan sihir misterius yang mirip Zeref dan setelah diselidiki, berasal dari Lucy yang datang dari masa depan. Yang artinya, kekuatan Lucy terus bertumbuh.

    Arc Eclipse, Lucy dan Yukino menutup gerbang Eclipse untuk menghentikan naga yang melintasi waktu. Diperlukan energi sihir yang besar untuk memanggil 10 roh bintang (milik Lucy). Dalam pertarungan, setidaknya Lucy bisa memanggil 3 roh bintang sekaligus (di arc Tartaros)







    Sebelum membahas Lucy dan Natsu aka NaLu, saya berpikir Lucy bisa dipasangkan dengan karakter cowok lain (eh) seperti Gray atau Loki.




    Lucy dan Gray

    Lucy dan Loki

    Karena sifat Lucy yang baik dan berteman dengan siapa pun, membuka kemungkinan tokoh ini menjalin hubungan dengan tipe Gray atau Loki. Ketika Lucy dengan Gray, keduanya cocok karena sama-sama realistis dan berpikir jernih (tidak serampangan seperti Natsu dan Erza yang sering langsung emosi dan menyerang). Di beberapa adegan pun, Lucy dan Gray tampak harmonis (upps). Hanya saja, kehadiran tokoh Juvia yang cinta mati pada Gray membuat Lucy dan Gray tidak terjadi. FYI, saya pernah berpikir Lucy dipasangkan dengan Gray karena Natsu seperti cowok yang "tidak tertarik" dengan cewek atau tokoh bebas yang tidak akan dipasangkan di serial FT.

    Sementara Lucy dan Loki... keduanya bertolak belakang. Loki si playboy dan Lucy yang tidak pernah dekat dengan cowok --dan sering mendapat gombalannya Loki. Di arc Loki, mereka berdua memiliki ikatan emosi yang "cukup kuat" dan ketika Loki menjadi Leo, menjadi kaki tangan Lucy, ikatan keduanya semakin erat. Tapi, karena berbeda dunia, Loki dan Lucy tidak terjadi. Loki cukup menjadi sang Leo yang melindungi majikannya.

    Lalu, masuk ke Lucy dan Natsu --pasangan hero dan heroine. Yap, saya membaca karya Hiro Mashima mulai dari Rave, yang di akhir cerita menikahkan hero dan heroinenya (Haru dan Elie). Saya memang menduga kalau Natsu dan Lucy adalah pasangan karena pola di Rave meski yakin tidak bakal sampai menikah karena cerita ini tipe "open ending/pertualangan tanpa akhir", tidak seperti Rave yang punya tujuan menyatukan Rave dan menghancurkan dark bring (batu berkekuatan jahat). Selain itu, Natsu tipe yang tidak sensitif terhadap cinta dan sejenisnya. Dia terlalu "liar" dan "kekanak-kanakan" dibandingkan Haru dari Rave. Karena itu, di awal membaca FT, saya tidak berekspetasi banyak tentang Natsu kepada Lucy.

    Namun, ternyata salah. Tokoh Natsu punya beragam emosi yang menandakan "perasaan pada Lucy". Karena tidak pernah disebut suka atau cinta, maka saya akan menyebut itu dengan "perasaan pada Lucy" -- lebih dari teman, tapi bukan kekasih.

    Mari lihat halaman sampul yang memasangkan Natsu dan Lucy~






    FYI, kalau di Rave, Haru dan Elie juga tidur bersandar di pohon dan tangan mereka berdua bergenggaman. Saya tidak tahu apakah Natsu dan Lucy juga bergandengan tangan?





    Seiring cerita FT berlanjut --hingga berakhir-- saya akhirnya terpikat pada hubungan antara Lucy dan Natsu. 

    Natsu "seenaknya" merangkul bahu Lucy

    Natsu ditolong Lucy, dia tidak pernah lupa mengatakan "terima kasih, Lucy" atau "Aku berhutang padamu, Lucy"

    Lucy memuji Natsu "keren"


     Natsu mengingat dan menyimpan hal-hal yang terkadang "kecil" dan "tidak begitu penting". Di rumahnya dan Happy, ada penanda "pekerjaan pertama dengan Lucy", "Baju pelayan yang dipakai Lucy"

    Natsu mengingat Lucy dan berniat menjahilinya ketika bertemu sesuatu yang aneh dan pasti mengagetkan Lucy.

     Lucy berusaha menenangkan Natsu

     Natsu yang emosi untuk Lucy

    Natsu khawatir ke Lucy

    Sisi romantis Natsu. Ketika Lucy sakit dan tidak bisa menghadiri hanami, Natsu dan Happy "mengalirkan" pohon pelangi sakura agar bisa dilihat Lucy. Selama acara hanami, Natsu sibuk memikirkan cara agar Lucy bisa menikmati hanami juga.

     Sisi jahil Natsu ke Lucy

     Perhatikan jubah yang dipakai Natsu!
    Di panel selanjutnya, jubah tersebut berpindah ke Lucy karena hujan turun dengan deras dan Natsu. Romantis :).
     
    Lucy menyadari kebaikan Natsu namun... dia malah kena bogem mentah Natsu karena si salamander mimpi berkelahi dengan Gray. Kasihan Lucy ;).




    Entah berapa kali adegan Natsu dan Happy (bahkan Erza, Gray, dan Wendy) tiba-tiba muncul di kamar kontrakan Lucy. Terutama Natsu dan Happy. Bahkan, kadang Natsu tertidur di tempat tidur Lucy [setelah memakan etherion]. Kadang berpikir, "Mereka menikah saja dan tinggal serumah!"
    Btw, yang tidak pernah diperlihatkan adalah kamarnya Gray. Penasaran 0_0. Saya menduga Gray itu tipe yang lebih rapi dan teratur, berkebalikan dengan Natsu yang super berantakan. Tapi, mungkin di kamar Gray bajunya berserakan di mana-mana?!
     

     Tim Natsu kembali akur setelah menjadi "musuh" memperebutkan tiket kelas S.

     Lisanna (teman akrab Natsu waktu kecil) mendukung Lucy untuk menyemangati Natsu

     Natsu dan Happy mengikuti Lucy

     Natsu dan Happy setelah tahu ayah Lucy meninggal dunia. Saat itu Natsu melewati pertarungan antara ErzaxMira melawan guild yang menindas FT tetapi Natsu sama sekali tidak tertarik untuk ikut, dia sibuk menerima kenyataan kalau ayah Lucy sudah tidak ada dan Lucy bersedih.


     Natsu dengan gamblang menyatakan "Iya, lalu kenapa?" sewaktu Gajeel menanyakan kalau alasan Natsu menyukai Anna sensei (generasi terdahulu Hearfilia, guru para dragon slayer) karena "baunya" sama dengan Lucy. Yang bisa disimpulkan, Natsu menyukai bau Lucy. Di Fairy Tail The Movie 2: Dragon Cry, Natsu mengatakan kalau Lucy memiliki bau yang spesial. Melihat wajah Lucy yang memerah karena kegamblangan Natsu membuat saya "Oh, Lucy mengerti maksud Natsu!"


     Setelah melihat Lucy menangis berkali-kali di arc terakhir "12 Spriggan", akhirnya Lucy dipertemukan lagi dengan Natsu --dan Happy--. Kata, "Aku pulang" dan "Selamat datang kembali" benar-benar seperti sebuah keluarga.




     Adegan di chapter terakhir FT. Saya suka dengan kalimat "selamanya" dari Natsu :). It's romantic.


    Lucy, Natsu, dan Happy berjalan-jalan



    Natsu memberi semangat pada Lucy yang kalah di pertandingan sihir akbar


    Sisi pervert Natsu ke Lucy



     
    Natsu memercayai Lucy dari masa depan, berterima kasih
    FYI, saya suka adegan penempelan dahi :). Romantic~




    Natsu dan perasaannya untuk melindungi Lucy

      
    Kesedihan Natsu menyaksikan Lucy masa depan dibunuh Rogue di depan matanya

     Natsu dan Lucy fan service, pemecahan masalah yang tidak terduga dari Lucy [yang menyebabkan Natsu memakan api naga Atlas Flame]. Virgo turut menggoda Lucy yang berpelukan dengan Natsu. Selain Virgo, Happy seringkali menggoda Natsu dan Lucy.

    Lucy memeluk Natsu, berterima kasih.
    Natsu melindungi Lucy

    Meski FT telah berakhir. Proyek animenya masih berlanjut >_<. Saya harap ada adegan Natsu menyadari kalau kunci Aquarius patah karena Lucy menyelamatkan semua orang di arc Tartaros [meski Natsu mengucapkan terima kasih dan yakin kalau Lucy yang menyelamatkan mereka, tetapi ia tidak tahu kalau Lucy mengorbankan kunci Aquarius]. Sampai FT tamat, tak seorang pun tahu Aquarius tidak bisa dipanggil --walau dia pernah muncul tanpa kunci untuk menolong Lucy dari Brandish--. Lucy bukan gadis lemah atau sok hebat yang memberitahu orang lain kalau dialah yang berjasa, dialah yang berkorban, dialah penyelamat. Lucy adalah perempuan yang nekat dan melakukan terbaik untuk menyelamatkan orang lain, tanpa orang tahu. 

    Bagi saya, Lucy Heartfilia telah menjadi salah satu tokoh heroine favorit saya --di samping Honda Tohru dari Fruits Basket--. Perjalanannya dari gadis yang nekat, memasuki guild terkenal, melewati misi-misi berbahaya, menyadari kelemahan, hingga berjuang mati-matian memberi kekuatan tersendiri bagi saya --pembaca. 

    Untuk Lucy, Om Hiro, Natsu, dan Fairy Tail... terima kasih telah menemani saya dan memberikan saya cerita yang menjadi salah satu favorit saya :). TERIMA KASIH!!!