Jadi Anak Teknik Informatika? Pikir Dulu!

Halo! Postingan kali ini khusus untuk yang penasaran-mau-akan masuk ke Fakultas Ilmu Komputer, jurusan Teknik Informatika (TI) yang kadang disebut anak IT (Informatic Technology).

Sebelumnya, saya pernah terjun bebas sampai babak belur (lebay) selama +/- 4++ tahun di Universitas Sriwijaya Palembang, kampus Bukit.

Perjalanan dimulai dari ikut tes SNMPTN (untuk kampus Reguler - Indralaya) dan USM (Ujian Saringan Masuk, untuk extension - Bukit, Palembang). Saya lulus di kedua jalur (akhirnya lulus setelah SPMB berubah ke SNMPTN) satu di Sistem Komputer, satunya TI.Mempertimbangan waktu tempuh perjalanan (bilang aja malas rebutan bis), saya pun memilih TI di kampus Bukit.

P2K alias perkenalan kampus dilaksanakan di kedua kampus, Laya-Palembang.

Lalu, masa-masa pengenalan PA (Pembimbing Akademik), orang-orang penting yang tanda tangannya sakti banget, sampe kalah para artis!, dan teman-teman sekelas.

Tidak ada plonco atau yang aneh-aneh, malah kerjaan cuma baris-duduk sampai pegal dan bosan *eh.

Nah, kita masuk ke tahap semester:

Semester Satu
Ada paket sks yang default, kudu    diambil oleh anak baru. Pelajarannya adalah Agama, Fisika Dasar I, Praktikum Fisika, Pemrogramman Web, Praktikum Pemrogramman Web, Algoritma dan Pemrogramman (Alpro) 1, Praktikum Alpro II, Pengantar Teknologi Informasi,Kalkulus I.

Di sini harus belajar baik-baik Alpro 1 karena itu adalah PINTU untuk mengkode (ingat, bukan mengkode gebetan ya). Jangan lupa pelajaran yang lain, ya... kudu baik-baik juga apalagi dengan praktikum Fisika! Beeeeehhhh....

Semester Dua
Di sini kamu mulai merasakan betapa berartinya ip dan sks yang bisa diambil. Dulu, saya punya ip kecil sehingga cuma bisa ambil 21 sementara teman saya 24. Jadi, ada mata kuliah yang dia ambil tapi saya belum *hiks* dan itu nyesek!

Pelajaran di semester ini (yang wajib) : Kimia, Fisika Dasar II, Praktikum Fisika Dasar II, Alpro II, Praktikum Alpro II, Struktur Diskrit I, Kalkulus II.

Pilihan (harusnya di sem.4) tapi bisa diambil karena tidak ada syarat : Bahasa Rakitan

Semester Tiga:
Mulai tertatih.

Pelajarannya: Struktur Data, Praktikum Struktur Data, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Otomata, Struktur Diskrit II.

Semester Empat:

Terengah-engah.

Mata kuliahnya: Analisis Perangkat Lunak (APL), Pemprogramman Berorientasi Objek (PBO/OOP), Praktikum PBO/OOP, Sistem Operasi, Bahasa Rakitan, Multimedia (pilihan),Kecerdasan Buatan, Praktikum Bahasa Rakitan.

Semester Lima

Oksigen mana, Oksigen?

Kudu belajar: Perancangan Perangkat Lunak (PPL), Basis Data, Praktikum Basis Data, Pemrogramman Internet (PI), Praktikum Pemrogramman Internet. Jaringan Komputer.

Semester Enam
*hela napas*

Kudu nyari tempat kerja praktek, nyiapin judul skripsi.

Belajarnya, Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak (APPL), Sistem Basis Data, Object Oriented Analysis and Design (OOAD), Praktikum OOAD, Sistem Waktu Nyata (pilihan), Sistem Informasi Perbankan (pilihan). Jaringan Syaraf Tiruan (JST - pilihan), Pengolahan Citra (pilihan). Keamanan dan Jaringan Komputer (pilihan). Etika Profesi.

Semester Tujuh:
Yang belum ngajuin judul, ajuin!

Di sini, saya dan teman-teman terbang ke UTM (Universiti Teknologi Malaysia) selama satu semester.

Belajar, Komputer Forensik, SPM, Computational Intelligence, ITE, Etika Profesi.

Semester Delapan:
Sistem Pakar (pilihan), Metodologi Penelitian, Tugas Akhir I (TA).

kalau mau lanjut ke Tugas Akhir II juga boleh tapi mabuk.

Semester Sembilan++ :
Apalagi kalau bukan TA~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)