Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)

Saya lumayan sering baca shojo (komik cewek), dan berhasil jatuh hati entah itu pada tokohnya atau ceritanya bahkan keduanya sehingga saya akan memberi bujukan untuk para pembaca komik sekalian berdasarkan apa yang sudah saya baca :).

01. Fruits Basket

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/f/f6/Furuba-ch66.jpg

Sampai detik ini, bagi saya komik nomor satu tetap Fruits Basket aka Furuba. Fruits Basket menceritakan mengenai Honda Tohru, gadis yatim piatu yang suatu hari tanpa sengaja mendirikan tenda di tanah keluarga Soma. Saat perjalanan ke sekolah, Tohru melihat pajangan 12 shio yang tengah dijemur oleh Soma Shigure, sepupu Soma Yuki -teman sekelas Tohru. Shigure dan Yuki lalu mengetahui perihal pendirian tenda ilegal dan mengajak Tohru untuk tinggal bersama mereka. 

Tatkala Tohru bersih-bersih ruangan yang akan menjadi kamarnya, tiba-tiba seorang cowok berambut oranye menerjang dan berkelahi dengan Yuki. Spontan, Tohru memeluk si oranye alias Soma Kyo dari belakang untuk menghentikan keributan.

Baaaaam!

Kyo berubah menjadi kucing, diikuti oleh Yuki tikus dan Shigure si anjing.


Keluarga Soma ternyata mewarisi kutukan untuk berubah menjadi hewan apabila dipeluk lawan jenis atau kondisi tubuh lemah. Dan dari sinilah kisah Tohru bersama keluarga Soma dimulai :).

Point penting di Furuba itu, Tohru dengan kebaikannya yang mampu menyembuhkan luka dan menerima ketidakberdayaan orang lain tanpa pandang bulu. Tiap karakter memiliki sisi kelam yang bikin terhenyak. Menurut saya, kisah terkelam itu milik Soma Momiji, si kelinci yang riang meski ibunya memilih untuk hilang ingatan soal Momiji karena takut pada kutukan Momiji, lalu adiknya Momiji, Momo; diam-diam memperhatikan Momiji dan belajar biola gara-gara mendengar permainan Momiji, Momo juga bilang kalau Momiji sangat mirip mamanya dan ingin Momiji menjadi kakaknya. Huwaaaa, tiap volume Furuba sukses membuat mata saya bercucuran~

Kelemahan di Furuba, mungkin kalimatnya yang panjang ya? Karena ceritanya kompleks, meski bagi saya tiap kata yang dituliskan oleh Natsuki Takaya (sang mangaka) sederhana dan bermakna dalam.

Favorit saya di Furuba adalah pasangan Kyo dan Toru yang sering disingkat Kyoru ;). Kyo tipe berdarah panas, jika berhadapan dengan Tohru yang bagai kapas putih langsung K.O > _ <.

23 Volume komik Furuba berhasil memadukan unsur drama, romansa, dan komedi dengan sangat baik. Animenya juga digarap baik meski nggak sampai akhir cerita -_-.

02. Arakure

https://supermangafightersgo.files.wordpress.com/2011/02/arakure-wild-ones-cover.jpg

Ceritanya soal Sachi Kawamura, cucu yakuza dan bodyguard sekaligus kakak kelasnya, Rakuto Higurashi yang harus bersekolah sembari menjaga rapat-rapat kehidupan yakuza mereka.

Rakuto Higurashi mengingatkan saya pada Takumi Usui dari Kaichou Wa Maid Sama karena sikap loyalnya pada Sachi. Kisah romansa diantara mereka berdua membuat saya yang membaca jadi melting, Rakuto senpai itu sesuatu sekali.

Sayangnya Arakure cuma 10 volume :). Need more Rakuto senpai!!!.

03. Last Game

http://d.gr-assets.com/books/1371420954l/18079163.jpg
 
Nah kalau yang ini bercerita soal mengejar cinta 'sahabat' selama 10 tahun. Sejak sd hingga kuliah!.

Komiknya masih ongoing, dan lagi-lagi karakter utama cowoknya bikin melting~

04. Faster Than A Kiss



Kisah cinta antara guru dan murid yang menikah diam-diam yang meski sudah menikah, mereka bahkan tak pernah kissing :). Tokoh Kazuma seperti versi dewasa Takumi Usui ;).

05. Akatsuki No Yona

http://i.imgur.com/g03KVz4.jpg

Kyaaaaa di sini ada Haku ;).

Berkisah tentang Yona -Sang Putri Kerajaan-. Suatu malam ia menjadi saksi pembunuhan raja alias ayahnya sendiri, sang pelaku pembunuhan adalah Pangeran Suwon -sepupu Yona- sekaligus pujaan hatinya.

Untuk melenyapkan Yona, Suwon memerintahkan para pengawal membunuh gadis itu. Di tengah kepanikan, Jenderal Haku -teman sepermainan Yona dan Suwon- membantu Yona keluar dari istana. Mereka menjadi buronan dan bersembunyi di desa klan angin. 

Suwon lantas menjadi raja dan mengancam klan Angin yang diduga kuat menyembunyikan Haku -dikambinghitamkan sebagai pelaku pembunuh raja- dan Yona.

Haku dan Yona kemudian keluar dari klan angin dan bertemu pertapa. Dari pertapa itu mereka mendengar legenda 4 naga. Dan, Yona dipinta menemukan keempat naga itu untuk merebut apa yang memang miliknya.

Perjalanan mereka pun dimulai!

Animenya udah tayang dan masih ongoing~

Haku!!!. 


06. Ayakashi Hisen (Scarlet Fan)

http://fdzeta.com/imgcache/533538dz.jpg

Pertama lihat di Gramedia adalah Scarlet Fan jilid 10. Tap, saya langsung tertarik dengan sampul komiknya yang bernuansa historical menurut pandangan saya. Karena saya penggemar historical drama (khususnya yang bertipe Sae guk), saya pun langsung memburu Scarlet Fan di kiss manga.

Seeeet.

Ceritanya menarik ;).

Tentang dua anak SMA yang bisa melihat hal-hal gaib. Point utama yang bikin saya suka adalah tokoh Ryo, huwaaaah bikin melting T_T. Perkembangan ceritanya juga menarik dengan alur maju mundur karena berhubungan dengan ingatan masa lalu (sebelum reinkarnasi, ah jadi inget dengan komik NG Life). 

Menurut kabar, komik ini sudah selesai meski di Indonesia baru memasuki volume ke 11, satu volume lagi menjelang babak akhir.
Btw, selain Ayakashi Hisen ini, Kyoko Komagai juga menulis Stand Up!. Di sana ada tokoh Ryo (meski bukan Ryo), dan saya suka ceritanya juga :).

07. Emperor's Gem

 https://d.gr-assets.com/books/1408670347l/23007192.jpg

Berkisah tentang persabatan kaisar muda, Shiki dengan seorang rakyat biasa - gadis kecil berusia 18 tahun- bernama Kouran. 

Yap, drama historical romance > _ <.

Kalau membahas karakter, baik Shiki atau Kouran sama-sama orang baik :). Shiki itu lembut dan cinta damai, sementara Kouran tipe periang dan nekat.

Sebagai kaisar muda, Shiki dijodohkan dengan banyak wanita meski dia seringkali kabur dari perjodohan. Sebenarnya ia menyukai Kouran tapi ia tak mau Kouran terkekang jika menjadi permaisurinya :). Di sisi lain Kouran mati-matian menyembunyikan perasaannya karena tak mau merusak persahabatan :).

Komik ini sweet. Meski Shiki bukan tipe saya, saya tetap mendukung Shiki~.

Btw, komik ini nggak ada versi english scannya. Terpaksalah saya menunggu Elex menerbitkannya T_ T selama beberapa bulan sekali, huft! Padahal saya sangat penasaran.

08. Kamisama Hajimemashita

http://i.ytimg.com/vi/muPzMIhsewY/maxresdefault.jpg

Awalnya saya melihat iklan di Animax mengenai Kamisama Kiss. Dan, tap. Saya membabat habis animenya, dilanjutkan dengan membaca komiknya. Oh ya, di Indonesia komik ini diberi judul Ciuman Dewa. 

Ceritanya soal gadis SMA yang menjadi dewi secara tidak sengaja. Dalam menjalankan tugas, ia dibantu oleh seekor(??) siluman rubah, Inoue - yang galak dan suka seenaknya (ah, saya jadi inget tokoh siluman rubah di Gogure Kokkuri san!).

Ceritanya masih ongoing, dan musim dingin ini season dua animenya mengudara *sorak sorai bergembira*.

09. Kaichou Wa Maid Sama

http://i1116.photobucket.com/albums/k578/dstroyer360/KaichouwaMaid-sama-ED2-Large03.jpg

Takumi Usui merupakan alasan mengapa Kaichou Wa Maid Sama benar-benar bikin meleleh. Tema cerita komik ini adalah seorang tsundere, Misaki Ayuzawa-yang menjadi pelayan kafe lalu ketahuan oleh temannya, Takumi Usui. 

Dan kehadiran Takami Usui langsung membius kebanyakan cewek > _ <. Tampan, pintar, baik, romantis dan agak pervert jika berhadapan dengan Misaki :). Caranya menunjukkan perasaan itu huwaaaah~

Sayangnya, cerita jadi kurang greget dan terasa membosankan saat memasuki babak drama keluarga Usui~
Saya sih hanya suka moment Takumi dan Misaki :), dramanya diskip.

10. Inu x Boku SS

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/8/83/Inu_x_Boku_SS_Japanese_manga_Volume_1_cover.jpg

Setipe dengan Arakure berpadu dengan Kamisama Hajimemashita, gadis dan bodyguard yang merupakan jelmaan siluman. Saya suka tipe bodyguardnya yang mirip dengan Rakuto Higurashi dari Arakure, ceritanya juga menarik namun sayang komiknya saat ini jadi menyebalkan menurut saya. 

Lebih baik nonton animenya saja :).

Komiknya itu memercikkan twist dimana tokoh utama cowok (si siluman rubah, bodyguard) tewas di pertempuran lalu mendadak ceritanya ke masa depan dimana semua karakter berubah (entah itu latar belakang, usia, dsb kecuali tokoh utama cewek).

Setelah itu saya nggak nyambung lagi bacanya~, apa karena otak saya nggak bisa mencernanya ya?. Ah, padahal ini setipe Kamisama Hajimemashita tapi harus saya tinggalkan T _ T.

11. Tonari No Kaibutsu Kun

 http://static.zerochan.net/Tonari.no.Kaibutsu-kun.full.1337345.jpg

Si pria pintar aneh yang kesepian bertemu dengan gadis cuek yang gila belajar. Itulah tema menarik dari Tonari no Kaibutsu kun atau bisa disebut My Little Monster.

Dua karakter utama yang bertolak belakang sukses menarik perhatian saya tatkala menonton animenya beberapa waktu lalu :). Genre komik ini school of life + Romance. Dan jujur saja, tarik ulur antara Yoshida Haru dan Mizutani itu bikin greget, Mizutani sudah confess tapi Haru bingung karena dia memang nggak pernah punya teman apalagi kekasih selama ini > _  <. Lalu, anehlah hubungan mereka. 

Sampai saat ini M&C baru menelurkan 8 jilid My Little Monster dan cerita masih berlanjut di area terbangunnya perasaan rival Haru pada Mizutani :).

12. Kimi Ni Todoke

http://3.bp.blogspot.com/--kpQDoRsSgg/T-BPm6yGQyI/AAAAAAAAAKQ/H1OJsbDajU4/s1600/kimi_ni_todoke_-_08.jpg
 
Ehm, ini anime dengan romansa yang lurus. Dua tokoh sentral yaitu Sawako dan Kazehaya benar-benar gimana ya~, ideal? Menyenangkan untuk dilihat?

Kazehaya yang memiliki sifat baik, lemah lembut, pokoknya orang baik lah berhadapan dengan Sawako yang tertutup karena kelamnya aura sekaligus pelesetan namanya -sadako- hantu Jepang.

13. Love So Life

http://www.mangapartay.com/wp-content/uploads/2014/03/Love-So-Life-Chapter-69-Cover-Page.jpg

Ceritanya tentang Shiharu, anak SMA yang tinggal di panti asuhan dan bekerja sebagai penjaga anak kecil. 
Kisah ini sedikit moment percintaannya, tapi sekali ada langsung manis banget > _ <. Saya jadi inget Honda Tohru saat melihat  Shiharu. Mereka sama-sama pengertian dan lemah lembut.

Saya juga suka Matsunaga-san :). Si paman Akane dan Aoi yang berprofesi sebagai penyiar berita dan selalu sibuk hingga mempekerjakan Shiharu. Karena jadwal mereka berdua tak selaras, moment-nya nggak terlalu banyak *huh

14. Inari, Konkon, Koi No Iroha

https://shiraberuna.files.wordpress.com/2014/02/inari-konkon-koi-iroha.jpg

Berkisah mengenai Inari yang berteman dengan Uka, seorang dewi penjaga kuil. Suatu hari Uka memberi Inari kekuatan yang memungkinkan Inari menjadi orang lain.

Kisah persahabatan dua orang ini pun dimulai!

Inari memakai kekuatan itu dan menjelma menjadi orang lain. Tanpa disadari kekuatan Uka melemah, semakin banyak Inari memakai kekuatan maka Uka semakin sakit.

Di cerita ini saya suka karakter kakaknya Inari yaitu Touka. Si bocah chuunibyou -bocah?- yang menjadi teman main gamenya Uka. Perlahan kisah romansa antara Touka dan Uka serta Inari dan...aduh lupa namanya, gebetannyalah berjalan~

http://i.imgur.com/XsBCIN0.jpg


15. Akuma To Hana

http://static.tvtropes.org/pmwiki/pub/images/jrenwo.png

Suatu ketika, sang iblis menemukan bayi manusia di depan mansionnya. Tanpa banyak pikir, sang iblis membawa bayi tersebut dan merawatnya. Sang bayi terus tumbuh hingga saat ia berusia 14 tahun, sang iblis dan Hana, si manusia menyadari suatu ikatan di antara mereka.

Ini salah satu komik yang sweet banget, 10 volume memuaskan~

Di Indonesia pernah diterbitkan lewat judul, 'DEVIL WITH FLOWER'

16. Akagami no Shirayukihime

http://images5.fanpop.com/image/photos/29900000/Akagami-no-Shirayukihime-akagami-no-shirayukihime-29960313-800-1168.jpg

Tentang seorang apoteker, Shirayukihime yang bekerja di istana dan Zen, pangeran kedua. Kedua orang ini sweet...

Tipe historical meski tidak sekental Akatsuki no Yona atau The Emperor's Gem. Saya baca ini karena tertarik pada Zen~

17. Sugar Family



Seorang guru laki-laki yang sister complex vs siswi SMA, adik perempuan cuek. Kedua orang itu bertemu lantaran orang tua mereka memutuskan menikah lagi dan jadilah mereka saudara tiri. Ceritanya apik, bikin saya mau baca chapter berikutnya dan chapter berikutnya lalu tanpa terasa sudah berakhir *hiks*

Kurang puas! Tapi, cukuplah. Oke.

18. Soredemo Sekai Wa Utsukushii



Izinkan saya berteriak, "LIVIIIIIII"


Oke, ini kalau dibahasa Indonesiakan menjadi 'BAGAIMANAPUN, DUNIA INI MASIH CANTIK'

Baru terbit komiknya di Indonesia dengan judul THE WORLD IS STILL BEAUTIFUL.

Ceritanya tentang Nike, putri bungsu kerajaan hujan yang bisa memanggil hujan menyerahkan diri sebagai istri Livius, raja matahari. Livi orangnya kejam, sok dewasa, bawel, pengatur, padahal masih bocah ingusan sementara Nike orangnya urakan, blak-blakan, nggak ada manis-manisnya sebagai putri. Tapi, sikap bertolak belakang ini yang bikin Livi dan Nike jadi dekat.

Gara-gara Livi shotacon saya kambuh *upsss*

Kalau sekarang ceritanya Nike lagi pisah dengan Livi *hiks* karena Nike lagi tugas ke negeri timur tengah, di sana kan jarang hujan jadi Nike membantu di sana. Eh, si pangeran yang meminjam Nike untuk negerinya malah mengekang Nike dan menginginkan Nike.

Livi akhirnya nyusul, tapi sampai saya baca chapter terbaru mereka belum ketemu, mungkin sudah satu volume dua orang itu nggak ketemu. Saya kan ingin melihat Livi!

19. Orange


Di musim semi, ketika Naho duduk di kelas 2 SMA, dia mendapatkan sebuah surat dari dirinya di masa depan (sepuluh tahun kemudian). Surat itu berisi hal-hal yang akan terjadi, penyesalan, serta harapan. Terutama perihal, "Menyelamatkan Kakeru", si anak baru yang duduk di samping Naho.

Pada usia 17 tahun, Kakeru meninggal karena kecelakaan. Sepuluh tahun setelah itu, Naho dkk berkumpul kembali, membuka kapsul waktu yang terkubur dan menyadari kalau kecelakaan Kakeru bukanlah kecelakaan, melainkan bunuh diri.
Well, ini salah satu komik yang sukses bikin saya terenyuh, merebakkan air mata setelah Fruits Basket dan Anohana~. Tiap chapter-nya ada saja yang bikin mata ini tergoda buat nitik air mata (fiuh!). Cerita ini apik, tentang persahabatan sekaligus romansa, tentang penyesalan, tentang harapan, dan betapa pentingnya waktu. Komiknya masih ongoing, baru sampai di tahun baru -masuk musim dingin- (Kakeru tewas kecelakaan di musim dingin). Ah, saya menebak ini bakal jadi cerita tragedi (jadi inget 49 Days). Meski masa lalu diubah, Kakeru akan meninggal jua dan Naho serta Suwa tetap jadi pasangan menikah (mereka bahkan punya anak sepuluh tahun kemudian). Hanya saja...di masa depan, mereka semua tidak memiliki penyesalan. Takano Ichigo sensei, ganbatte! I love your Orange!. 

Oh ya, saya di sini suka tokoh Hagita, dia datar dan ucapannya selalu jadi comedy meski dia tidak melucu, yang dikatakannya juga tidak lucu tapi situasi saat dia bicara itu yang bikin lucu. Seluruh rahasia terbongkar dari mulutnya (ketawa) dan dia sering diabaikan~. Loh, jadi nganar.



20. Katayoku no Labyrinth


Temanya mirip dengan Orange, -masa depan/masa lalu-. Tapi, cerita dari salah satu komikus favorit saya -Kumagai Kyoko- lebih 'tenang' dan tidak bikin mewek. Nah, di Katayoku no Labyrinth berkisah tentang Miyako yang menyukai teman sekelas sekaligus kekasih kakaknya, Hiroto. Suatu hari, dia menemukan sebuah kunci untuk membuka pintu atap. Saat ia menggunakan kunci itu, dia terseret ke masa lalu, dua tahun lalu. 

Miyako lalu memutuskan untuk mengubah masa lalu, dia tidak mau Hiroto bertemu kakaknya. Dia berhasil jadian dengan Hiroto sekaligus menyadari kalau Shirota ternyata juga datang ke dunia itu menggunakan kunci. Miyako yang biasanya tidak memedulikan Shirota malah menyadari banyak hal yang dilakukan oleh Shirota untuknya. Ah~ sayangnya masih ongoing, belum update...

Kyaaaa~ di sini ada Ryo (uppps) bukan, di cerita ini namanya Shirota~

Saya termasuk yang suka Ryo~ (Scarlet Fan, Kumagai Kyoko). Syukurlah hampir setiap karya Kyoko sensei ada tokoh yang Ryo banget (penampilan, sifat, aura) well, sebenarnya hampir semua tokoh Kyoko sensei mirip-mirip.

Cerita ini cukup mudah ditebak, nantinya Shirota yang menang~~ (berkaca dari Scarlet Fan dan Stand Up!).


21.Momoyama Kyo-dai

(http://s1.mangareader.net/cover/momoyama-kyodai/momoyama-kyodai-l0.jpg)

Kalau yang ini tentang si kembar Arima dan Chihiro. Di usia 10 tahun mereka diam-diam mendengar kalau enam tahun kemudian rahasia akan diceritakan pada mereka berdua. Sejak itu, dua kembar itu berjanji apa pun kenyataan (mau salah satu dari mereka bukan anak kandung kek, atau apa) mereka akan selalu bersama. 

Eng ing eng...

Di ulang tahun ke-16 mereka mendapatkan kejutan, bahwasanya...

Arima adalah anak Natsumi

dan 

Chihiro adalah anak Haruki

Keadaan di rumah keluarga Momoyama itu begini, dua kembar itu tinggal bersama Ayah, Ibu, Kak Haruki, dan Kak Natsumi.

Yes, Haruki dan Natsumi yang dianggap kakak oleh Arima dan Chihiro adalah orang tua/om-tante mereka.

Arima dan Chihiro adalah sepupu.

Setelah itu, dua kembar yang berubah menjadi sepupu ini mulai berkembang ke jenjang percintaan~ meski Arima selalu dihalangi oleh Haruki, ayah kandung Chihiro yang menderita daughtercomplex.

Masih ongoing, ceritanya lucu dan Arima itu menggemaskan, seperti tokoh Yanagi di Last Game.
 
22. Zettai Heiwa Daisakusen
 

Kalau ini tentang dua kerajaan yang saling perang sampai suatu hari Putri Euda dan Pangeran Johanne tiba-tiba mengikrarkan pertunangan atas nama perdamaian. Sesungguhnya, dua orang itu sama sekali tidak akur (seperti Ranma dan Akane dari Ranma 1/2) dan hanya pura-pura bertunangan meski...Johanne sudah lama mengincar Euda (dari televisi yang menyiarkan berita perang, Euda ikut serta dalam merawat korban perang).
Komiknya cukup singkat, 19 chapter meski menurut saya kurang~ kurang banyak Johanne-nya (senyum). 

23. The Enchanted Castle In Brundage (Brundage No Mahou No Shiro)



Tentang pernikahan Donatian Charles, sang penyihir dengan Adrienne, gadis desa. Komik ini diadaptasi dari sebuah novel. Tiap chapter unik~

Seperti Adrienne yang terhisap ke dunia lain dalam ruang kaca, bertemu dengan Donatian Charles yang beda banget dengan Donatian di dunianya sementara Adrienne dunia itu bertemu dengan Donatian Charles satunya. Sejenis dunia paralel. Donatian Charles, dalam sekali lihat langsung tahu kalau Adrienne di hadapannya bukan istrinya karena sifat mereka yang berbeda. Lalu, dia pun menolong Adrienne dan membawanya kembali ke dunia asal mereka.

Lalu, tentang Adrienne yang dirubah menjadi laki-laki oleh penyihir jahat kemudian Adrienne bertemu dua orang yang mengaku Donatian Charles sampai ke perjalanan Adrienne di dunia mimpi Donatian Charles.

Yang mau saya katakan, cerita ini hanya satu volume tapi banyak banget keunikan yang didapat (senyum lebar). Keren banget~

Cocok kalau diangkat ke layar lebar~

24. Dawn Of Arcana

(http://vignette2.wikia.nocookie.net/dawnofarcana/images/9/9a/Reimei.no.Arcana.full.1545503.jpg/revision/latest?cb=20130720201115)

Nakaba, putri kerajaan Senan dipaksa menikah dengan Pangeran Caesar dari kerajaan Belquat. Tanpa diketahui Caesar, Nakaba memiliki sebuah kekuatan yang disebut arcana. Kekuatan tersebut menyebabkan Nakaba dapat menyusuri waktu, entah itu ke masa lalu atau masa depan. Jika ia melihat masa depan kemudian mati-matian mengubah masa depan, maka akan ada 'pembayaran setimpal' yang harus dibayarnya. Misal ketika ia menyelamatkan seseorang dari kematian -saya lupa siapa yang diselamatkan-, orang itu memang berhasil selamat tapi orang lain (kakak ipar Nakaba) malah menggantikan kematian orang tersebut. Menyadari kalau takdir tidak bisa 'dirubah', Nakaba jadi takut dengan kekuatannya.

Kekuatannya lalu diketahui dan ia diincar. Selain Nakaba, yang memiliki arcana adalah (awas spoiler) Loki, kakak kandung Nakaba yang 'berperan' menjadi pengasuh dan pengawal Nakaba. Identitas Loki dan hubungan sebenarnya dengan Nakaba baru diungkap di volume-volume akhir, dan bagian inilah menurut saya yang paling nyesek, mengharu biru apalagi saat Nakaba tahu kalau Loki kakaknya ketika Loki sudah meninggal.

Lagi-lagi tokoh wanita utama berambut merah :), setelah Yona dan Shirayukihime. Apa nge-trend ya tema historical romance dengan tokoh berambut merah?

Saya suka tokoh Caesar di sini apalagi ketika rambutnya yang panjang itu dipotong, jadi jauh lebih menarik.

25. Hadashi de Bara wo Fume 


Tentang pernikahan demi uang yang dilakoni Sumi, seorang gadis miskin yang memiliki banyak adik dengan Souichirou, si lelaki kaya yang mengincar posisi sebagai direktur di perusahaan keluarganya. Saya teringat komik Happy Marriage (Hepi Mari) yang mengangkat tema mirip, pernikahan tanpa cinta -hanya demi uang/status-. Meski kesannya 'klise' dan tema serupa banyak banget berseliweran tapi komik ini bikin saya langsung membaca dari chapter 3-57 (akhir). Ke mana chapter 1-2? 

Saya punya kebiasaan menilai sebuah komik/anime dari chapter/episode awal. Nah, waktu saya membaca Soredemo Sekai Wa Utsukushii, beberapa pembaca menyarankan komik ini. Saya cicip dulu chapter 1-2-nya dan kalau oke maka saya baca sampai akhir.

Sekadar peringatan, ini ada unsur smut karena bertema pernikahan.

26. House of The Sun


Tentang seorang anak SMA yang merasa dirinya diabaikan sewaktu ayahnya menikah lagi. Akhirnya, sang tokoh utama bernama Mao ini 'kabur' ke rumah tetangga alias teman masa kecilnya, Hiro (24 tahun) dan menumpang di sana.

Oke, cerita komik ini tentang teman masa kecil x beda umur jauh x tinggal satu atap x sama-sama kesepian.

Saya merasa komik ini hangat seperti Fruits Basket (meski masih jauh dari Furuba yang menurut saya master piece).

27. Tsubaki Chou Lonely Planet


Seorang 'pembantu rumah tangga' x penulis novel sejarah + beda umur jauh + serumah.

Saya tertarik dengan tokoh utama cowoknya, Akatsuki yang seorang novelis :). 


28. Kuro Hakushoku wa Hoshi o Mederu


Pernikahan mendadak x pemburu vampir - manusia setengah vampir

Saya mencomot komik ini karena nama komikusnya (yang menulis Hana to Akuma). Dan... karena keranjingan Hana to Akuma, komik ini langsung masuk wajib baca. Tak kecewalah kalau baca ini :).


29. Kanojo ni Naru hi


Bagaimana kalau teman akrabmu tiba-tiba berubah jadi lawan jenis karena suatu sindrom aneh? Itulah premis Kanojo ni Naru hi yang membuat saya tertarik. Komik ini punya dua versi, satunya Kanojo ni Naru hi Another. Keduanya fokus pada gender bender.

30. Kaichou Sama ga Fiance de


Tunangan x Perverted Boy 

31. Miseinen Dakedo Kodomo ja nai


Menganggap pernikahan adalah sesuatu yang 'manis' dan meyakini sang mempelai laki-laki 'mencintai', tak tahunya... sang lelaki 'tidak manis'.

32. Koe no Katachi


Mengangkat tema pengencetan yang dilakukan anak-anak SD pada teman sekelas mereka yang tuli --Nishimiya Shoko. Ketua pengencetan itu, Ishida Shoya disalahkan setelah Nishimiya berhenti sekolah dan sekolah menyelidiki kasus pengencetan + mengganti biaya kerusakan alat pendengaran Nishimiya yang mahal. Beberapa tahun kemudian (SMA), Ishida yang dijauhi teman-temannya (hanya punya satu teman) bertemu Nishimiya kembali dan ingin menjadi temannya, dia menyesali semua perbuatannya pada Nishimiya. Lambat laun, anak-anak yang mengencet Nishimiya waktu SD bertemu dan berinteraksi dengan Nishimiya, mereka bahkan bekerja sama membuat sebuah film pendek untuk diikutkan dalam perlombaan.

Komik ini sangat direkomendasikan untuk 'anak-anak' yang menjadi korban pengencetan, pelaku pengencetan, atau orang yang tahu tentang pengencetan. Mempersembahkan cerita dari sudut pandang korban, pelaku, 'ikut-ikutan', hingga keluarga korban dan pelaku. Nice!

 

Bonus review :

Kagetora


http://2.bp.blogspot.com/-A9LTepGV8Ss/TnqCxs0ahgI/AAAAAAAACIw/DobWH2dPjrY/000.jpg?imgmax=2000

Pertama tahu Kagetora itu tatkala saya membeli Shonen Magz saat SMA. Kagetora merupakan satu-satunya cerita shonen yang bergenre romansa-komedi diantara dominasi action.

Kagetora merupakan seorang ninja yang ditugaskan menjadi instruktur bela diri sekaligus pelindung Yuki Todo, gadis mungil nan lemah yang bakal mewarisi kekuasaan keluarga Todo. Dari tema itu, saya langsung menyikat komik-komiknya yang terbit berkala semasa SMA. Ninja dan nona, pasangan yang menarik hati kan?.

Total ada 11 volume. Karena ini shonen (komik cowok) maka ada konten nyaris nudity di beberapa tempat seperti pantai, kolam renang atau pemandian. Meski begitu, saya suka atmosfer saat Kagetora mati-matian menyembunyikan perasaannya ke Yuki karena hukum tersirat melarang ninja melakukan penyimpangan dari tugas utamanya.

Re:Marina

Istri dari masa depan x tinggal serumah x beda usia jauh

Seorang wanita tiba-tiba muncul dan mengatakan dia adalah istrimu di masa depan!

Re:Marina  memiliki cerita tentang 'kekuatan cinta' yang luar biasa dari sepasang suami-istri. Marina  (20 tahunan) ke masa lalu karena suaminya (40 tahun) sakit parah. Ia bertemu suaminya yang masih remaja SMA dan berpikir untuk hidup bersama lebih lama karena di masa depan harapan itu tipis. Cerita bergulir di hari-hari Marina dan suaminya versi SMA. Di masa itu pula Marina mencari cara agar suaminya terhindar dari penyakit di masa depan.

Kira-kira, ada lagi nggak ya Shonen dengan romance yang menarik?

Btw, cukup banyak komik cewek lain yang tak kalah menarik seperti Dangeki Daisy (meski lama-lama bikin sebel lantaran semakin berat temanya), Ouran High School, Nodame Cantabile, Let's Get Married, Why Kaneda Can't Fall In Love, Ao Haru Ride, My Handsome Mangaka, A Shy Girl In Love, dan lain-lain. Kalau yang agak dewasa bisa baca Hepi Mari dan Black Bird (love scene tersirat dan ceritanya kuat).

Sekian dulu pembahasan saya.

Sampai jumpa lagi!

Ulasan komik lainnya : https://komikcewek.wordpress.com/

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)