• Penulis-Pembaca Gabung Ke Gramedia Writing Project Yuk!

    Halo selamat siang!

    Sudah telat sih ngasih tahunya tapi nggak apa-apalah. Siapa tahu masih ada yang nggak pernah dengar Gramedia Writing Project.

    Jadi, apa sih Gramedia Writing Project?

    Sebenarnya itu salah satu kegiatan Gramedia dalam menjaring penulis-penulis fiksi berbakat untuk diterbitkan karyanya. Pertama diadakan di tahun 2013 dan menelurkan 3 buah novel fiksi. Tahun lalu (2014) Gramedia memperkenalkan sebuah portal khusus untuk penulis yang ingin ikut Gramedia Writing Project 2, lebih kurang seperti komunitas/forum untuk sharing karya sejenis Wattpad.

    Saya ingat ketika Gramedia Writing Project -selanjutnya saya akan singkat dengan GWP- di kali pertama saya mengirimkan Intonation. Dulu itu ada batasan jumlah kata (kalau tidak salah ingat sekitar 1000 kata) sehingga saya harus merombak bab pertama Intonation dan tentu saja banyak yang aneh lantaran dipotong-potong.

    Kalah?

    Sudah jelaslah! Pada saat itu saya nggak ngeh dengan EYD, seenak jidat saja nulis di- ke- ku- entah nyambung atau pisah (saking pelajaran Bahasa Indonesia nggak terserap dengan baik). Saya jadi berpikir, selama 12 tahun belajar Bahasa Indonesia kok masih nggak bisa EYD ya? Apa sebenarnya yang saya pelajari? (devil's smile).

    GWP sekarang punya ratusan(??!!) penulis yang berkontribusi, ada juga pembaca yang menggunakan GWP sebagai sarana baca gratis. Beberapa penulis ada yang nunjukkin karyanya sampai habis loh meski kebanyakan berhenti di tengah cerita dan menulis cerita baru *lirik kaca*. Ya, kalau mau aman sih baca cerpen/one shot saja -tidak bersambung-.

    Di GWP kalian bisa cari bacaan sesuai genre favorit. Lebih disukai jika setelah baca kalian vote dan beri komentar. Mau komentar pedes, sedeng atau bahkan tanpa rasa pun diperbolehkan.Setiap komentar dan vote amat sangat berarti bagi perkembangan penulis.

    So, buat yang nyari bacaan gratis yok mampir ke GWP.
    Buat yang suka nulis, mau belajar nulis, atau ada niat jadi penulis buruan ke GWP sekarang!.

    Dan saya numpang promosi dulu ya~

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    INTONATION 
    (Misteri, Sekolah, Romansa)

    Nada, gadis berusia 15 tahun itu tiba-tiba memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain semenjak Nadya, saudari kembarnya tewas. 

    Suatu hari ia bertemu Arkan Rahagi, ketua klub detektif di SMA barunya yang memaksanya bergabung lantaran kemampuan yang dimiliki Nada.

    Lantas, satu per satu kejadian yang terkuak oleh klub detektifnya mendekatkannya pada misteri di balik kematian Nadya.

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------