15 Tahun Bersama Mai Kuraki (Review Album The Best)


Mai Kuraki come back dengan album Best untuk merayakan 15 tahun perjalanan karir bermusiknya :). Ya-ha!! *sorak sorai bergembira*


Terdiri dari dua bagian yaitu Love & Hope. 

Untuk Love berisi lagu-lagu :

01. Stay by My Side
 
Dibuka oleh Stay by my side yang merupakan single kedua Mai :). Lagu ballad yang rilis 14 tahun yang lalu yang sampai detik ini tetap menjadi salah satu track ballad terbaik Mai. Saya juga suka PV-nya yang sederhana. Bagi saya, track ini langsung membawa hook sejak syair pertama dilantunkan.

02. Secret Of My Heart

Lagu yang mengisi salah satu OST Detective Conan. PV-nya juga sederhana dan memperlihatkan Mai yang imut sekali disitu ^ _ ^. Saya suka kunciran Mai di sini. Lagu ini termasuk lagu lawas yang sampai sekarang masih sangat enak untuk dinikmati. 
Can't you see you're my Dream?  there will come a day When all the lies will easily be broken apart and yet, things will never change
Secret of my Heart, Our future is forever...
03. Tsumetai Umi 

Lagu ini kurang saya sukai. Tsumetai Umi adalah track yang bernuansa agak gelap.

04. Time After Time ~ Hanamau Machi de~


Track ini sih tidak diragukan lagi :). Salah satu OST Conan juga, syairnya berlatar kota Kyoto dengan tema penantian seperti Ran Mouri untuk Shinichi Kudo. Track ini punya tiga versi yaitu Original, versi Conan dan versi Orkestra dimana ketiganya sangat dianjurkan untuk didengar. 
I can hear your voice in the wind
The thin ice freezes back over long ago memories
Not knowing to be afraid of hurt, I swore
That someday, we'd meet again

05. Ashita e Kakeru hashi

Track ini memiliki nada pembuka yang mengingatkan saya akan lagu Yovie and Nuno berjudul Janji Suci. Lagu ini bertipe lembut dengan puncaknya disaat memasuki bagian reffrain meski bagi saya instrumentnya terasa janggal karena perubahan tempo saat reffrain kedua. Selain dilagu ini, yang musiknya berubah rame saat reffrain kedua, ada juga track Mai berjudul Sound of Rain atau 1000 Mankai no Kiss yang mendadak rame :) If you know what I mean.

06. Aitakute 

Kalau lagu Aitakute, mengingatkan saya dengan lagu Tersanjung di nada pembuka. Aitakute berarti aku ingin bertemu dan sudah pasti track lumayan ballad ini begitu menyesakkan (apanya?). Track ini cukup jarang dibawakan Mai di konser, tapi dua kali masuk di album Best :) (5 tahun yang lalu juga jadi salah satu track the best untuk peringatan 10th anniversary Mai). Saya suka lagu ini hingga meminjam judulnya untuk salah satu proyek yang kini tengah mengalami perombakan untuk ketiga kalinya T _ T. 
You can forget me if it’s too painful
But I I’ll always be waiting for you
“It’s OK, you can make it on your own”
I say
But behind those words, ah, I’m longing for you




07. Shiroi Yuki 



Beralih ke Shiroi Yuki yang menjadi OST Conan. Lagu musim dingin ini bagaikan salju yang jatuh rintik-rintik??!!. Track bertempo lambat yang meski rilis dimusim dingin malah menghangatkan perasaan ^ _ ^.
White snow, prickles of memories that still remain 
The sadness hasn’t gone away, now and forever
The white snow changes even the colour of the bench
I think of lovers, waiting and longing
And of you

08. Tomorrow is The Last Time 



Ini juga salah satu OST Conan yang bernuansa lembut tentang sehari sebelum perpisahan~. Saya suka PV-nya di OST Conan, kalau nggak salah tema PV-nya kartu remi ^ _ ^.

I can’t hear the usual voice
That’s right, you’re not here anymore
I vow to myself to become stronger

09. Mou Ichido 



Entah kenapa lagu ini pernah dicekal di China?? Padahal liriknya biasa saja, pv-nya juga biasa saja?. Lagu ini bertempo pelan yang bertema sama dengan Aitakute.
Until I see you again
Yeah, I’ll shine brighter than I did before
I want you to give me that smile

10. Anata ga Iru Kara 


Kalau track ballad satu ini dirilis setelah kejadian gempa di Jepang beberapa tahun lalu. Lagu ini bagi saya biasa saja, tidak terlalu punya hook yang berarti sehingga dengan terpaksa saya bilang lagu ini akan jadi track yang akan sangat jarang untuk saya dengar mungkin saya hanya akan dengar saat nonton konser Mai saja - _ - .

11. Your Best Friend


Yap, Your Best Friend termasuk lagu favorite saya dan track ini menjadi bagian dari OST Conan. Karena ini termasuk di Love yang berisikan track-track lembut dan ballad, yaaa ini adalah lagu yang lembut. 
The telepathy that connects the two of us
There’s nothing that’ll separate the two of us
I’ll continue to think of you no matter where I may be
Because our hearts are connected

Yes I know about you
And you know about me
We believe in each other so it’ll be ok
So you can lean on me

That feeling reaches me
It echoes deep in my heart
Even if you don’t say it out loud
I know your heart, I’ll be nearby
Even if we’re far, far apart
I can hear your heart’s voice
I know even if it’s not said out loud
You’re my best friend always
12. Koi Ni Koishite 



Track yang dibuka dengan kata "Secret Love" dan saat melihat PV-nya di Conan, wah sangat cocok sekali ^ _ ^ meski saya kurang suka rambut Mai yang ngembang banget di PV aslinya. Lagu ini termasuk lagu favorit saya juga~.

I’m just in love with loving you, and although I want to tell you
I’m happier by keeping it hidden still so for now, it’s my secret love
When I think of you
The throbbing of my heart beat won’t stop
It’s fun but also makes me worried
I can’t remain as the introvert that I am
God, please give me a little courage

13. Hakanasa 



Lagu yang disadur dari sebuah lagu China ini benar-benar bikin saya meleleh dengarnya ^ _ ^. Dari semula lagu ini memang sudah bagus, apalagi versi Mai adalah versi orkestra yang tambah bikin saya deg-degan saat menikmatinya. Saya suka Mai dengan orkestranya :). Saya senang Mai berkolaborasi dengan orkestra dan saya butuh lagu Summer Time Gone dibikin versi orkestra juga T _ T. Saya puas sekali karena bisa menonton meski di dvd -konser live opus 1 & 2 yang bikin saya ketagihan dan ingin sekali duduk langsung di hall itu T _ T.

14. Sakura Sakura 


Bagi saya, ini track ballad terbaik Mai dengan Aika Ohno -sang penulis lagu- ikut ambil bagian di area Reffrain

I'm waiting for that time here silently
Searching for your figure
I want to see you, just once again
There are words I want to say

15. Stand by You 



Ini track penutup yang baru rilis beberapa bulan lalu. Dan tanpa banyak komentar, track ini harus didengar :)
Even if it doesn’t go well, continue to try without giving up
The day that’ll strongly embrace you will surely arrive

Setelah mendengar keseluruhan track untuk Love. Saya agak kecewa karena beberapa lagu bernuansa love lainnya nggak masuk T_T, adapun lagu yang keren juga adalah : 

Double Rainbow
Ini track nuansa 'dalem' yang menceritakan tentang legenda pelangi ganda yang apabila dilihat bersama seseorang yang dicintai maka akan bahagia dan bersama selamanya. Track ini pernah masuk di album best ALL MY BEST 5 tahun lalu. Dan saya tak pernah denger versi livenya padahal ini track begitu saya sukai T _ T

Did I Hear You Say That You're In Love

Lagu ini coupling untuk single debut Mai di U.S, Baby I Like. Lagu ini mendayu-dayu karena bercerita soal kegalauan sahabat ketika sahabat laki-lakinya jatuh hati pada seseorang :). Saya belum pernah denger lagu ini dibawakan di konser live. 

Like A Star In The Night


Lagu ini lagu adem banget, saya pertama denger waktu SMA dan langsung jatuh hati pada kali pertama.

All I Want

Lagu tema musim dingin yang menusuk-nusuk hati menurut saya~

Sound of Rain


Kalau Sound of Rain, ini juga agak nyelekit saat kali pertama denger entah mengapa.

Beautiful


Track Beautiful pernah menang di penghargaan Japan Disc Golden beberapa tahun lalu. Lagu ini cukup ballad, bercerita soal perpisahan.
Di bagian Hope, berisi lagu-lagu antara lain :

01. Love, Day After Tomorrow


Ini dia single pertama Mai di Jepang setelah dia gagal debut di U.S. Single ini terjual jutaan keping 15 tahun yang lalu. Track ini juga tak luput dipersembahkan pada konser-konsernya. Track ini bergaya R&B dipadu suara belum matangnya Mai. Saya agak terganggu karena Mai pas baca lirik, "I need you back" itu bukan bek tapi bak.

02. Delicious Way 

Delicious Way merupakan judul album pertama Mai yang juga laris manis jutaan keping. Kalau menurut saya pribadi, track ini agak lucu musiknya tapi tidak membuat saya tertarik atau memfavoritkannya. Agak tidak nyangka lagu ini bakal masuk di the best ^ _ ^

03. Reach For The Sky 


Karena saya tidak terlalu suka lagu ini, saya skip penjelasannya~. Maaf yak!

04. Stand Up 



Track Stand Up ini berirama pop dengan tempo medium meski menurut saya kurang greget dibandingkan Always.

05. Always 




Ini track kesukaan sahabat saya, Dewi Agustini saat SMA :). Dulu jaman-jamannya kami tergila-gila nonton Conan di tv. Track ini jadi OST untuk Movie Conan. Sampai detik ini, saya suka dengan track penyemangat ini. Saya suka liriknya terutama bagian, 
Sometimes you win,
Sometimes you lose,
It doesn't matter

You make mistakes but for a reason
There's a chance to be won
God bless you for being yourself
Sometimes life is so beautiful,yeah
06. Feel Fine! 


Kalau track ini, track yang bernuansa ceria tapi saya kurang suka~.

07. Revive 

Untuk kesekian kali saya kecewa Puzzle nggak masuk padahal Revive masuk T _ T. Saya suka Revive yang bernuansa latin ini. Oh ya, ini juga salah satu OST.Conan

08.Watashi no Shiranai, watashi...  




Lanjut ke track selanjutnya, nah kalau track ini juga pop ceria dan saya sangat suka PV-nya :). Mai cantik banget disitu~.

09. Strong Heart 



Kalau track yang ini menuliskan tentang keoptimisan seorang gadis dalam menghadapi permasalahan terutama setelah ditinggalkan seseorang. 

10. Special Morning Day To You 



Lagunya agak ballad, dan saya kurang dapat hook-nya sehingga tidak banyak komentar.

11. Try Again 




Track penghentak dengan lirik optimis :). Sempat jadi opening anime Conan meski saya tak tahu episode berapa~. Tiap kali gagal, saya langsung denger lagu ini untuk menyemangati diri ^ _ ^.
I just wanna say,
In order to make a dream come true,
the truth is always one,
and that is: TRY AGAIN!
12. Wake Me Up 


Track ini favorit saya :). Saya suka bagian "Wake me up...wake me up" meski pada awalnya saya agak aneh denger suara Mai yang terkontaminasi efek digital. Track ini menjadi OST movie Kiki's Delivery Service yang dulu pernah dibuat anime movienya oleh studio Ghibli. 

Ah~ everyone has dreams
as long as you have the courage to try it out 

13. You Can 

Track baru bernuansa ceria yang mirip-mirip dengan Anywhere atau Sayonara wa Iwanaide.

14. Muteki Na Heart 



Track yang jadi OST Conan dengan aura 'kuat' dan beat-beat menghentak. Saya suka track ini :).

My invincible heart begins to make a ruckus
Here, untangle you heart and respect yourself
If I remain as my true self
I’ll be back to my self that was seriously dreaming

15. Dynamite




Track baru yang setipe dengan Muteki Na Heart, memiliki aura yang kuat dengan serangkaian hentakan yang bikin Muteki Na Heart dan Dynamite tak bisa dipisahkan :). Langsung jadi favorit saya akhir tahun ini. Ketika bagian menjelang reffrain, saya jadi inget lagu Seven Icon yang Playboy, cocok tuh kalau bagian reffrainnya di komediin ke "Nggak nggak kuat...nggak nggak kuat" *kidding*. 

Saya senang karena ada dua track baru pada album ini :). Need more~ . Untuk bagian hope, kurang Chance For You, Be With U, Season Of Love, dan One Life T _ T.

Note : Yang di-bold tu yang di rekomendasikan :).

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)