Rekomendasi Anime Komedi

Yak, Minna!

Saya akhir-akhir ini menonton beberapa anime komedi, nggak banyak sih hanya dua. Gekkan Shoujo Nozaki Kun dan Sket Dance. Saya 'nyoba' nonton Gintama, tapi episode pertamanya bikin saya ngantuk entah mengapa (padahal banyak yang nyaranin nih anime). Apa otak saya nggak kuat ya untuk menonton Gintama?

Oke, season ini bakal segera berakhir~ 

Menyedihkan karena Gekkan Shoujo Nozaki Kun -favorit saya season ini- telah sukses berakhir. Tapi, juga menyenangkan karena ada dua anime yang rilis season depan, Hitsugi No Chaika Season kedua dan Tamako Love Story (sebenarnya movie ini tayang musim semi tadi, tapi rilis di internet aka bisa didonlut itu bulan depan setelah keluar dvd-nya). 

Mari masuk ke pembahasan.

Sket Dance



Sebenarnya Sket Dance udah lama malang melintang di dunia anime dan manga. Saya baru nonton ketika Animax menayangkannya beberapa bulan lalu. Episode pertamanya cukup menghiburlah, meski sudut pandang tokoh bukan anggota Sket Dance. Baru memasuki episode kedua, anggota Sket Dance menjadi fokus cerita. 

Nih anime menurut saya kuat sekali dalam pembentukan karakter. Karakter-karakternya ajaib dan aneh.


Bossun, sang ketua klub adalah tipe yang 'bodoh' tapi diam-diam jenius
Himeko, sang wakil adalah gadis preman yang suka nyeletuk 
dan anggota terakhir yang pakai kacamata adalah Switch si otaku, cerdas, dan berbicara menggunakan program komputer.

Ketiga orang anggota Sket Dance menghadapi hari-harinya dengan membantu orang lain contohnya mencari kaleng permen, mencari bungkus permen berhadiah, menjaga monyet, dan sebagainya secara kocak. 

Seiring perkembangan cerita, bertambahlah tokoh-tokoh aneh di sekitar Sket Dan, antara lain kapten softball yang jago makan, kapten kendo yang norak dan selalu berpakaian samurai, ada juga Yuki sang ketua klub supranatural yang terlihat seperti Sadako, Dante yang visual kei dan ngomongnya pedit dan nggak jelas banget (pengisi suaranya adalah Gackt), Roman si cewek anggota klub manga yang menganggap Bossun pangerannya dan dia yang paling lebai karena pikirannya selalu dihubungkan dengan manga yang membuat situasi semakin dramatis atau Momoka sang mantan preman yang menjadi seiyuu.


Kemudian ada para anggota OSIS, ketua Osisnya orang yang easy going dan jenius, sementara wakil ketua adalah Tsubaki (favorit saya) yang 10 betul, dsb.
   (Osis)
Selain para murid yang aneh, tak ketinggalan penasehat klub Sket Dance yang seorang guru Kimia juga aneh dan sering membuat benda-benda percobaan yang 'berbahaya'. Di antaranya adalah obat yang bisa membuat tubuh menjadi kecil dan obat bertukar jiwa. Paling gila waktu Bossun dan Himeko nggak sengaja minum obat penukar jiwa. Kocak dan ada romansanya di situ. Jarang-jarang ada momen antara Bossun dan Himeko.



Tokohnya cukup banyak, saya tidak terlalu hafal nama-namanya. Maaf ya.

Kalau di manga, ada klub saingan Sket Dance, klub anak kelas satu yang mirip banget dengan Sket Dance. Nggak ada yang mau bergabung dengan Sket Dan selain Bossun, Himeko dan Switch sih, mereka sampai ketir karena nggak ada yang nerusin mereka jika mereka lulus, tapi ya... meski bukan di bawah nama Sket Dance, klub saingan itu adalah 'penerus' Sket Dan secara tidak langsung.  

Oh ya, tak selamanya Sket Dance menyajikan alur yang mengundang tawa, ada beberapa bagian yang sukses membuat air mata mengalir seperti ketika menguak masa lalu Bossun yang ternyata (awas spoiler!) bersaudara kembar dengan Tsubaki atau alasan mengapa Switch berbicara menggunakan program komputer yang dibuat oleh adiknya yang telah meninggal dunia. 

Manga Sket Dance hampir berakhir karena mereka sudah akan lulus dari SMA. Dalam manganya, ada beberapa chapter yang saya skip karena menurut saya nggak menarik (kalau nggak salah cerita parodi -di luar angkasa)

Gekkan Shoujo Nozaki Kun


Anime ini saya tunggu sejak tersebarnya list anime yang bakal tayang season ini, ketika saya membaca sinopsis Gekkan Shoujo Nozaki Kun, saya langsung memasukkan anime ini sebagai must watch.

Setelah menonton episode pertama, saya langsung mencari manga online-nya dan membaca sampai chapter terbaru.

Huwaaaaah manga ini gila!

Tokoh-tokohnya sinting dan koplak wkwkwkwkwk kecuali Sakura Chiyo (pemeran wanita utama). 

Gekkan Shoujo Nozaki Kun bercerita soal Sakura Chiyo(Sakura) yang menyatakan perasaan pada Nozaki Ume. Eh, ketika menyatakan cinta, Nozaki salah paham (Sakura mengatakan kalau dia adalah fans Nozaki). Nozaki menganggap Sakura sebagai salah satu penggemarnya dan memberinya tanda tangan.

Kemudian Sakura mengatakan kalau maksud perkataannya adalah ingin selalu bersama Nozaki, dan lagi-lagi Nozaki yang kurang peka ini malah mengajak Sakura ke rumahnya dan eng ing eng Sakura disuruhnya meninta manganya. Selama beberapa jam Sakura fokus dengan tugasnya dan akhirnya ia menyadari kalau Nozaki adalah mangaka yang menggambar 'Ayo Jatuh Cinta' di majalah manga cewek.

Sejak itu, Sakura direkrut menjadi asisten manga Nozaki. 

Selain Sakura, Nozaki memiliki beberapa teman dan asisten lainnya yaitu :
(Mikorin)

Mikoshiba alias Mikorin yang cakep dan punya banyak penggemar, kata-katanya gombal dan dia tak bisa menolak perempuan, padahal setelah mengatakan sesuatu yang gombal biasanya dia menyesal dan malu. Sifat aslinya ini hanya diketahui Nozaki dan Sakura. Mikorin menjadi sosok pemeran utama wanita bernama Mamiko dalam manga Nozaki. Pada tahap pembuatan manga, Mikorin bertugas dalam menggambar bunga-bunga latar.

Kemudian,

Hori-senpai. Senior Nozaki dan Sakura. Ketua klub drama yang bertubuh pendek tetapi memiliki kemampuan akting luar biasa. Hori-senpai bekerja menjadi penggambar background untuk Nozaki dan sebagai timbal balik Nozaki menulis naskah drama untuk Hori-senpai. Hori-senpai tipe yang tak peka terhadap perasaannya ke Kashima dan sebaliknya. Dia meminta Nozaki menulis cerita pangeran agar bisa diperankan Kashima dan dia menyembunyikan pekerjaannya sebagai asisten Nozaki dari Mikorin karena nggak mau Kashima tahu.

 (Hori-senpai dan Kashima)

Kashima. Teman Mikoshiba, anggota klub drama yang dijuluki 'pangeran sekolah'. Meski begitu, sebenarnya Kashima adalah cewek -bertubuh tinggi-. Kashima dijuluki pangeran karena sikapnya yang seperti pangeran jika berhadapan dengan cewek.


Kashima memasuki klub drama karena menyukai akting Hori-senpai, dan di hari penerimaan siswa baru, Hori-senpai mengajak Kashima bergabung karena dianggap cocok memainkan peran pangeran. Oh ya, awalnya Hori-senpai tidak ngeh kalau Kashima itu cewek. Kashima biasanya kabur dari latihan drama dan Hori-senpai selalu mengejarnya dengan penuh amarah. Sebenarnya Kashima menyukai Hori-senpai dan Hori-senpai juga menyayanginya. Kashima kadang bertindak aneh yang bikin saya berpikir, nih cewek koplak banget. Ada beberapa adegan Kashima yang mengendong Hori-senpai. Ya, perbedaan tinggi mereka bikin kocak.  Oh ya, Kashima menderita buta nada dan membuatnya harus berguru kepada Seo.

Lalu,

Wakamatsu. Junior Nozaki. Anggota klub basket. Menjadi orang yang bertugas menghapus dan menambahkan screentone pada manga Nozaki.

Waka memiliki stress karena berhadapan dengan Seo-senpai, gara-gara stress itu dia jadi insomnia dan hanya bisa disembuhkan jika mendengar suara nyanyian Lorelei dari klub paduan suara. Suatu hari, ketika Waka menantang duel Seo, dia malah mengirim surat cinta kemudian dia mengatakan, "Lorelei dari klub paduan suara adalah dewiku."

Seo tercengang dan meminta Waka mengulangi kalimat itu, eh si Waka yang menolak mengulangi malah memberikan sarung tangan untuk Seo wkwwkkwk dan di scene itu ada Nozaki yang bersembunyi untuk melihat apa yang dipelajari Waka dari manga wanita, si Nozaki terlihat depresi mendengar pengakuan Waka (dan saya tak bisa menahan tawa di bagian ini). Hubungan aneh Waka dan Seo benar-benar favorit saya :).
(Waka dan Seo)

Seo Yuzuki. Teman sekelas Sakura yang kasar, seenak jidat, atletis dan gila.


Suka pada Wakamatsu tapi caranya menunjukkan rasa suka itu bener-bener 'nggak wajar'. Seo hobi menyerang Wakamatsu dengan bola basket ketika bertanding, dia juga mengajak Waka ke bioskop untuk nonton berdua dan makan berdua.


Seo berada di tim basket cewek sebagai asisten karena kemampuan olahraganya meski dia biasanya terus menyerang tanpa mempedulikan aturan, selain tim basket Seo menjadi bagian dari klub paduan suara dan memiliki nama julukan 'Lorelei'. Identitas Lorelei hanya diketahui oleh Nozaki, Sakura dan Kashima. Hubungan Seo dan Waka dituangkan Nozaki ke dalam manganya.

Lalu ada mantan Editor Nozaki yaitu Maeno yang juga seenak jidat dan serasa artis yang cinta mati dengan Tanuki (hewan sejenis tupai??) dan memaksa mangakanya yang juga tetangga apartemen Nozaki untuk menggambar Tanuki di setiap panel.
(Ken, Maeno, dan para Tanuki)

Kemudian ada Ken-san, editor Nozaki yang cuek, teliti dan pendiam. Ken terkesan tidak suka Nozaki, dia lebih suka berhubungan dengan sms dibandingkan teleponan dengan Nozaki. Dia juga membalas pesan Nozaki dengan cepat dan singkat. Nozaki merasa sangat bersyukur dengan kehadiran Ken sebagai editornya, dan dia selalu berpikiran positif pada Ken.

Hubungan Nozaki dan Sakura, memiliki alur perkembangan yang amat sangat lambat. Belum ada blushing-blushingan pada pipi Nozaki. Tapi ya, semangat Sakura Chiyo!

Btw, lagu-lagunya Gekkan Shoujo Nozaki Kun enak didenger. Saya lagi suka dengan openingnya, "Kimi Janakya Dame Mitai!". Liriknya juga oke.

Yosh!

Begitulah yang saya bahas kali ini.

Sebenarnya ada beberapa anime lagi yang bikin ketawa seperti Tamako Market dan Baka to Test :).

Sampai jumpa di lain kesempatan! Terima kasih telah berkunjung.

#Lanjut baca dan nonton ulang Gekkan Shoujo Nozaki Kun

========================================================================
"Untuk keluar dari tempat ini mudah. Jika kamu adalah 'buronan', kamu hanya perlu bersembunyi dan jangan sampai ditemukan. Tapi, jika kamu 'pencari', kamu harus menemukan buronan agar bisa keluar. Waktu untuk permainan ini sampai besok pagi. Untuk memulai permainan, kalian diharuskan memakai gelang digital yang ada di ruang OSIS. Gelang itu akan menunjukkan jam, jumlah pemain yang tersisa, dan peran yang kalian harus mainkan..".

Via, temanku yang berambut keriting menyela penjelasan suara itu dengan gugup, "M-me-mangnya k-ka-mi h-harus mengikuti permainanmu? Siapa anda? Anda mau main-main dengan kami? K-ka-mi mau pulang sekarang!".

"Jika tidak mau ikut bermain. Kau akan terjebak selamanya di sini sampai ada orang-orang yang bermain dan kau ikut permainan mereka. Bagaimanapun, kau harus ikut permainan".

(#ShotOfMystery, #PetakUmpet)
=========================================================================

Rating dan Review di Goodreads

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)