Light Novel Indonesia

Selamat pagi pengunjung blog~

Beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah grup di FB, Light Novel Indonesia. Khusus untuk para penulis dan pembaca Light Novel buatan asli orang Indonesia. Grup untuk berbagi cerita. 

Light Novel sendiri adalah sebuah novel ringan yang populer di Jepang. Ciri khasnya adalah memiliki ilustrasi yang mendukung cerita, sehingga penggambaran karakter pada kata-kata tidak terlalu ditonjolkan, kita langsung 'melihat' karakter di ilustrasinya. Light Novel ukurannya kecil, seperti komik dan berseri. 

Karena 'ringan' sehingga novel ini tidak 'berat' dalam deksripsi seperti novel-novel pada umumnya. Dan yang saya suka, "Boleh banyak dialog" karena mirip dengan manga. Saya tipe yang suka menulis dialog dibandingkan deksripsi~

Di Indonesia, saya baru membaca satu buah Light Novel yang diterbitkan, judulnya Penguin Summer, terdiri dari satu volume. Sayangnya Light Novel ini tidak saya favoritkan, saya hanya membacanya satu kali dan itu pun tidak selesai karena ~tak menarik untuk dilanjutkan. Perbedaan selera. 

Untuk Light Novel Jepang, saya tidak membacanya. Saya langsung menonton animenya (Gosick, Hyouka, Hitsugi No Chaika, Toradora, Baka to Test, Oregairu, dsb.). Lagipula terjemahan Light Novel lebih susah didapatkan dibanding manga online T_T. Sampai sekarang Light Novel Hyouka jilid 5 belum dirilis terjemahannya .

Kebanyakan cerita Light Novel itu bertema Fantasi ~meski banyak juga genre yang lain~, yang sangat susah diterbitkan di Indonesia. Sangat jarang ada penerbit yang menerima naskah bergenre Fantasi. Setelah menengok beberapa naskah di sana, rata-rata bergenre Fantasi. Ada juga yang genre lainnya, tapi ya.. paling mendominasi adalah fantasi.

Dan saat ini grup tersebut telah memiliki forum tersendiri yaitu JapaNovel (http://japanovel.com/index.php). 

Ketika saya bergabung di sana, rasanya seperti merasakan suatu aura, 'Inilah tempat ketika kamu memiliki orang-orang yang berhasrat sama denganmu'. Ketika bertemu dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama benar-benar sangat menyenangkan meski cerita dan genre yang disukai berbeda-beda. 

Ini sedikit berbeda dari forum lain yang saya ikuti awal tahun ini. Forum yang sebelumnya berkutat dengan sastra dan apa yang ditulis oleh mereka tidak sejalan/sepahaman dengan saya. 'Batu acuan'nya berbeda. Lebih ke buku yang 'sastra' banget, tidak sesuai dengan saya yang kurang suka dengan sesuatu yang lebay. Bukan berarti sastra itu lebay, hanya tidak sesuai dengan saya.

Saat ini saya sedang menonton ulang Bakuman. Terakhir kali nontonnya adalah bulan puasa tahun lalu. Setiap kali menonton Bakuman rasanya seperti terbakar, "Semua orang memiliki mimpi yang ingin diwujudkan." Apalagi setiap karakter di sana adalah orang-orang yang bersungguh-sungguh mencintai sesuatu, dalam hal ini adalah manga dan mati-matian menjadi mangaka. Kemudian, begitu juga dengan 'teman-teman' di forum Light Novel Indonesia. Ketika membaca apa yang mereka tulis, "Mereka mencintai, karena itulah mereka melakukannya terus dan terus."

Menulis, dibaca, diterbitkan, dijadikan anime. 
Bagi orang mungkin itu susah atau bahkan tidak akan terwujud.
Tapi, terlambat untuk mengatakan 'Kamu harus menyerah'.

Maka mari, Anda yang menyukai Light Novel, dukung penulis Light Novel Indonesia.
 
Terima kasih sebelumnya.

Btw, yang mau bagi akun tulisannya bisa meninggalkan jejak di komentar ya!

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)