Cari Referensi Romance Lewat Animanga

Selamat datang September.

Back to writting.
Tahun ini begitu banyak kompetisi menulis *sebenarnya sudah dari dulu banyak, tapi baru nyadar sekarang. Dari beberapa kompetisi, semuanya menuntut tema utama 'ROMANCE' -_-.


Gara-gara kompetisi-kompetisi tersebut. Saya yang kesusahan menulis romance memutuskan untuk 'belajar' dari anime. Setelah merampungkan proposal tugas akhir saya. Saya mencurahkan perhatian saya untuk mempelajari cerita romance. Saya mengumpulkan beberapa anime dan akhirnya malah ketagihan sampai detik ini (pernah vakum dari nonton anime beberapa semester).

Saya akan membagi cerita anime-anime yang saya tonton demi referensi dalam menulis romance.

1. Fruits Basket
Ini serial animanga nomor satu yang paling saya sukai sampai detik ini. Sejak jaman SMA. Fruits Basket alias Furuba karya Natsuki Takaya sensei benar-benar membuat saya jatuh hati. Ceritanya mengenai Honda Tohru, seorang gadis yang kehilangan ibunya karena kecelakaan. Sejak ibunya meninggal, ia tinggal bersama kakeknya. Suatu hari, rumah kakeknya direnovasi. Kakeknya tinggal bersama anaknya dan Tohru memutuskan untuk tinggal sendirian sampai rumah kakek selesai direnovasi (Tohru tidak mau merepotkan bibinya). Tohru mendirikan tenda di sebuah lahan milik keluarga Soma. Suatu pagi, ketika ia berangkat sekolah. Tanpa sengaja Tohru melihat pajangan juunishi (12 shio ) sedang terjemur. Ia bertemu dengan Soma Shigure (sepupu Yuki) dan Soma Yuki (teman sekelas Tohru). 

Di malam hari, tenda Tohru hancur karena angin. Hal itu membuat Shigure menawarkan tempat tinggal pada Tohru dengan syarat Tohru mengurus rumah tangga (membersihkan rumah, memasak, mencuci). Tohru kemudian tinggal bersama Shigure dan Yuki. Sampai suatu hari, Soma Kyo datang dan menantang Yuki berkelahi. Tohru yang panik berusaha menghentikan perkelahian dengan cara memeluk Kyo. Tanpa terduga, Kyo berubah menjadi seekor kucing bewarna oranye. Tohru semakin panik, ia terjatuh. Menabrak Yuki dan Shigure (pelukan). Yuki berubah menjadi tikus putih dan Shigure berubah menjadi anjing.

Keluarga Soma ternyata memiliki kutukan berubah menjadi binatang dalam 12 shio (13 karena ditambah kucing) apabila dipeluk oleh lawan jenis atau pun kondisi fisik lemah. Sejak saat itu kehidupan Tohru bersama keluarga Soma dimulai.

Hal yang paling kuat dari Furuba adalah pengembangan dan pendalaman karakter. Semua karakter memiliki sisi gelap yang diceritakan satu per satu. Saya sering terharu membaca Furuba. Paling sedih adalah mengenai Soma Momiji (kelinci) yang ditolak oleh ibunya sendiri karena merasa ia telah melahirkan makhluk terkutuk dan itu membuatnya depresi hingga Soma Hatori (dokter, shio naga/kuda laut) menghapus ingatan mengenai Momiji. Setiap kali Momiji bertemu dengan ibu kandungnya, ia harus menutupi jati dirinya. T_T. Kisah karakter yang lain juga benar-benar menyedihkan dan mengharukan T_T.

Saya paling suka dengan kata-kata yang ada di Furuba. Kata-kata yang sederhana tapi sarat makna. 
Ceritanya mungkin lumayan kompleks karena banyaknya pembahasan karakter (fokus pada karakter). Bagi yang tidak suka cerita kompleks mungkin tidak akan tahan membacanya. Alurnya juga lambat. Tapi bagi saya Furuba sudah pas. Saya sangat sangat sangat suka.


Satu hal lagi, saya sangat suka dua tokoh utama di Furuba. Soma Kyo dan Honda Tohru. Waktu SMA, sampai nangis terharu ketika tahu Tohru dengan Kyo saking senangnya. Kalau saya nonton anime atau baca manga, saya jarang menyukai dua tokoh utama sekaligus. Kyo dan Tohru lah yang pertama kali saya sukai. Pasangan paling saya sukai di dunia animanga. 

2. Gosick
Anime ini saya coba tonton karena lihat poster animenya 'gothic'. Dan kemudian...saya jatuh cinta pada Victorique de blois (tokoh cewek anime kedua yang saya suka setelah Honda Tohru). Gosick bertema romansa dipadu dengan unsur misteri (detektif). Victorique adalah gadis penyendiri yang nggak suka masuk ke kelas. Victorique menghabiskan waktunya di lantai atas perpustakaan sambil membaca buku dan menyelesaikan kasus-kasus yang dibawa oleh kakak tirinya. Ia kemudian bertemu dengan Kujou yang dikucilkan teman-temannya karena rambut hitamnya (settingnya di luar asia, Kujou yang berkebangsaan Jepang sering dijuluki Shinigami (dewa kematian)). Kujou dan Victorique kemudian berteman dan menyelesaikan kasus-kasus di sekitar mereka bersama.

Saya suka sekali Victorique
Victorique, tolong jangan banyak-banyak makan permen, coklat, kue, atau makanan manis lainnya. Jaga kesehatan gigimu.


Victorique benar-benar membuat saya meleleh saking sukanya saya pada dia. Saya suka perkembangan atmosfer diantara Victorique dan Kujou. Mereka pernah mencoba diramal, yang hasil ramalannya mengatakan bahwa mereka akan berpisah meskipun hati mereka tidak. 

Aaargh saya suka sekali wajah Victorique yang memerah malu.

Mereka terpisah ketika perang dunia terjadi. Victorique kemudian bepetualang mencari Jepang agar bisa bertemu Kujou. Baginya, menemukan Kujou adalah misteri yang bisa membuatnya membunuh kebosanannya. Victorique sampai di Jepang dan tinggal bersama keluarga Kujou hingga perang selesai dan Kujou kembali dari medan perang. Mereka pun bersama selamanya.
Yokatta, hontou ni yokatta.


3. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Ano Hana)

Baru kelar tadi siang. Episode terakhir Ano Hana benar-benar membuat saya menitikkan air mata dengan sukses. Movienya sudah keluar akhir bulan lalu, semoga cepat yang nge-subnya. 

Ano Hana bercerita mengenai Menma, seorang arwah yang menampakkan diri di hadapan teman masa kecilnya Jintan. Ada sebuah permohonan yang membuat Menma tidak bisa pergi ke alam baka. Jintan berjanji untuk membantu mengabulkan permohonan Menma. Jintan dan 4 sahabat masa kecil mereka bekerja sama untuk mencari tahu apa permohonan Menma.

Kekuatan cerita Ano Hana ada pada hubungan tiap karakter terutama hubungan mereka dengan Menma. 

Jintan dan Menma saling menyukai sejak kecil. Disisi lain ada Anaru yang juga menaruh hati pada Jintan. Yukiatsu yang menyukai Menma. Tsuruko yang menyukai Yukiatsu. Serta Poppo yang bebas.

Suatu hari ketika mereka masih kecil.
Anaru bertanya pada Jintan ketika mereka semua berkumpul, "Apa kau menyukai Menma?".

"Manamungkin aku menyukai si buruk rupa itu!" balas Jintan dengan wajah memerah. Ia menoleh pada Menma. Menma tersenyum. Melihat senyuman tenang Menma, Jintan lari dari 'markas rahasia' mereka. 

Tak lama kemudian Jintan memperoleh kabar Menma meninggal karena terjatuh ke sungai.

Jintan sangat menyesal karena ia tidak sempat meminta maaf pada Menma. Ia juga tidak sempat mengutarakan perasaannya yang sesungguhnya. 


Tiap karakter memiliki keegoisan masing-masing.
"Aku membantu untuk mengabulkan permohonannya karena aku tak mau kau bersama Menma"

Jalinan hubungan yang rumit membuat mereka memiliki motif-motif yang berbeda dalam membantu Menma ke alam baka. Episode terakhir benar-benar mengharukan. Ketika Menma mulai menghilang, dan dengan kekuatan terakhir ia menulis surat bagi 5 sahabat masa kecilnya. 

"Aku menyukaimu yang bekerja keras, Yukiatsu".
"Aku menyukaimu yang jujur".
"Aku menyukaimu yang membuatku ingin menikah denganmu, Jintan"
Semuanya "Aku menyukaimu..."

Tiap karakter disukai oleh Menma. Ia benar-benar mencintai sahabat-sahabatnya.

Di akhir cerita, mereka bisa melihat Menma. Mereka mengucapkan salam perpisahan pada Menma. Benar-benar episode yang tidak ingin saya ingat saking sedihnya.


Saya suka cerita antara Menma dan Jintan. Menyukai sejak kecil. Banyak sekali animanga yang membahas mengenai kisah cinta sejak kecil. Kyo juga gitu, suka Tohru sejak kecil. Waktu dia dan ibunya Tohru sering bertemu.

4. Kaichou wa Maid Sama

Kaichou wa maid sama atau dalam versi Indonesia, my sweet Kaichou adalah animanga romantis yang saya sukai. Terutama Usui Takumi. Huwaaaa, dia karakter cowok nomor dua favorit saya setelah Soma Kyo. 

Hanya Misaki.
Usui benar-benar keren sekali. Tipe saya.


5. Chuunibyou demo koi ga shitai!

Ini anime yang huwaduh (meski belum bisa ngalahin Baka to Test). Saya suka sekali Rikka dan Yuuta. Dua tokoh utama di anime ini. Chuunibyou berkisah tentang Yuuta yang waktu SMP menderita chuunibyou. Chuunibyou itu bisa dibilang khayalan tingkat tinggi. Misalnya, kamu berkhayal menjadi penguasa kegelapan terus melebaikan tindakanmu di dunia nyata demi khayalan kamu. Nah, si Yuuta ini ketika masuk SMA memutuskan untuk masuk ke sekolah yang jauh, di mana orang tidak akan tahu soal masa lalu kelamnya sebagai penghidap chuunibyou. Tapi sayangnya, ia malah ketemu Rikka. Gadis yang tinggal dilantai atas kamarnya. Rikka adalah seorang pengidap chuunibyou. 
Rikka dan Yuuta membentuk klub yang isinya 2 pengidap chuunibyou, 2 mantan pengidap chuunibyou + satu senpai yang kerjaannya cuma tidur siang. Gokil deh anime ini. Bakal ada movienya bulan ini *Sorak-sorak gembira. 

Kemudian, ada season 2 tahun depan *cubit pipi Rikka.
Saya suka ketika Rikka manggil-manggil Yuuta, "Yuuta Yuuta".

6. Bakuman
Nih animanga bercerita tentang Moritaka Mashiro dan Takagi Akito yang bekerja sama untuk menggapai impian mereka yaitu menjadi mangaka. Mashiro sebagai ilustrator dan Takagi sebagai penulis cerita. Animanga ini benar-benar T.O.P, ceritanya kompleks. Rekomendasi untuk yang bercita-cita jadi mangaka.

Saya suka konsep dasar Mashiro ingin menjadi mangaka. Dia menyukai teman sekelasnya ketika SMP. Azuki. Mashiro menyatakan perasaannya yang ternyata disambut oleh Azuki. Azuki memberi syarat bahwa mereka tidak akan pacaran hingga impian mereka terwujud. Azuki ingin menjadi seiyuu (pengisi suara). Mashiro kemudian mengiyakan. Ia ingin Azuki menjadi pengisi suara tokoh utama cewek jika manganya diadaptasi dalam bentuk anime dimasa depan nantinya. 

Mereka berdua so sweet sekali.
Mereka membuat janji untuk menikah ketika impian mereka tercapai.
Moment mereka sedikit, tapi benar-benar 'huwaaaa' karena mereka menjaga perasaan dan janji selama bertahun-tahun hingga impian mereka tercapai dan mereka menikah.

Mashiro-kun, kamu benar-benar kereeeen. Hanya Azuki.

Azuki juga keren. Dia sudah suka Mashiro sejak sd. Hanya Mashiro.

7. Hyouka


"Watashi ni kininarimasu!" 
*saya penasaran!.

Adalah kalimat yang sering dilontarkan oleh Chitanda ketika ia merasa tertarik dan penasaran akan sesuatu. Yang terkena getah dari rasa penasarannya adalah Oreki, teman satu klub sastranya. Karena tak bisa menghindar dari rasa penasaran Chitanda, Oreki terjebak dalam kasus-kasus dan terpaksa menyelesaikannya *jika tidak, bakal dirongrong terus oleh Chitanda.

Meski di akhir cerita anime, Chitanda dan Oreki belum bersama secara resmi, tapi mereka benar-benar~. Saya suka ketika Oreki yang males banget bergerak itu 'dipaksa' oleh Chitanda untuk berpikir dan menyelesaikan kasus-kasus di sekitar mereka. 

Huft.
Sudah sedemikian panjang saya menulis *enggak juga sih.
Masih banyak anime romance yang saya jadikan referensi sebelum menulis.
Ada Kamisama no Memochou, bukan romance sih. Lebih ke misteri - detektif. Tokoh utama ceweknya rada-rada mirip Victorique. Kecil, penyendiri, pemecah misteri, dan suka memerintah tokoh utama cowok seenaknya.

Terus ada Red Data Girl. Genrenya supranatural dibumbui romance. Tapi alurnya cepat dan kurang kompleks. Merasa kurang sekali dengan 13 episode.

Dansai bunri no crime edge. Saya menontonnya dan suka cerita di antara dua tokoh utama meski tidak saya favoritkan.

Kotoura-san. Ceritanya lumayan bagus.

Acchi Kocchi, tipe-tipe kayak Miiko. Tapi saya lebih suka Miiko dan Tappei.

Tonari no Kaibutsu kun juga lucu, meski ending animenya masih gantung.

Sudah cukup kah referensi saya?. 
Mari menulis romance *teriak.

========================================================================
"Untuk keluar dari tempat ini mudah. Jika kamu adalah 'buronan', kamu hanya perlu bersembunyi dan jangan sampai ditemukan. Tapi, jika kamu 'pencari', kamu harus menemukan buronan agar bisa keluar. Waktu untuk permainan ini sampai besok pagi. Untuk memulai permainan, kalian diharuskan memakai gelang digital yang ada di ruang OSIS. Gelang itu akan menunjukkan jam, jumlah pemain yang tersisa, dan peran yang kalian harus mainkan..".

Via, temanku yang berambut keriting menyela penjelasan suara itu dengan gugup, "M-me-mangnya k-ka-mi h-harus mengikuti permainanmu? Siapa anda? Anda mau main-main dengan kami? K-ka-mi mau pulang sekarang!".

"Jika tidak mau ikut bermain. Kau akan terjebak selamanya di sini sampai ada orang-orang yang bermain dan kau ikut permainan mereka. Bagaimanapun, kau harus ikut permainan".

(#ShotOfMystery, #PetakUmpet)
=========================================================================

Rating dan Review di Goodreads

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel

Rekomendasi Komik Cewek (Shojo Manga)

Random Talk About Lucy Heartfilia (Fairy Tail)