• Cinta Cenat Cenut VS Hana Yori Dango dkk (Mirip, Adaptasi atau Plagiat?)

    Semalam, ditayangin sebuah drama remaja yang dibintangi oleh boyband Indonesia yang baru saja naik daun..SM*SH, dari awal...saya sudah menebak, "nih drama mirip HYD (atau mungkin kalian lebih kenal dengan BBF~Boys Before Flower~, Meteor Garden, dsb), ya...tak lain mengadaptasi dari sebuah manga terkenal di Jepang, Hana Yori Dango. Bedanya adalah...mereka bertujuh, sementara di versi negara lain..jumlahnya 4..., saya pikir, lebih baik mereka merevisi keseluruhan naskahnya, jika bisa sih dijadikan drama musikal saja atau sitkom, kalau seperti ini...SM*SH akan terancam di ejek oleh antifans didunia maya, ya...seperti itulah...ini hanya pemikiran saya saja


    Cerita di HYD tak kurang mirip dengan cerita 3C itu..., seorang cewek miskin, sekolah di sekolahan anak orang kaya, trus disekolah itu ada sebuah genk yang terkenal karena tampan, kaya dan berkuasa, klise sekali >_-, sudah sering diadaptasi, sampe saya nggak mau lagi nontonnya...BBF saja saya nggak nonton, hanya nonton sampe episode 10 karena malesnya, saya sudah menonton versi Taiwan dan Jepang, jadi rasanya nggak gregetan lagi untuk nonton versi lainnya...ceritanya gitu-gitu doang!!dari berbagai versi itu...kalau dilihat dari fisik para pemainnya, saya yakin..yang menang sih BBF, tapi...saya tetap memfavoritkan HYD versi ori, karena...lebih 'terasa' saja ^_^, apalagi ada Jun Matsumoto sebagai peran utama...walau disitu doi nggak ganteng-ganteng amat karena rambutnya yang dibikin keriting -_-. Tapi...ketika di Gokusen 1~~ wuiiih... keren tuh!!
    Saya heran, kenapa ya HYD dapat diadaptasi segitu seringnya??mungkin karena kisahnya yang klise, seperti halnya Romeo & Juliet yang diadaptasi ke dalam berbagai versi dari berbagai negara dan berbagai generasi. Tapi...saya merasa jenuh sekali kalau hanya drama di Indo hanya bisa mengadaptasi dari drama luar, tanpa pernah membuat sebuah drama yang ditiru oleh orang luar!!

    Kalaupun ingin mengadaptasi, gimana kalau bukan HYD??HYD kan ceritanya udah 'menjamur', udah pada hafal tuh!!kenapa nggak Nodame Cantabile??tuh kan dorama/anime/manga musik, mereka kan musisi, jadi selain melatih kemampuan akting, mereka juga dilatih kemampuan bermusik, tapi...kurang cocok rasanya jika Nodame dibikin Indonesia versi >_<, nggak ada yang lebih cocok memainkan Chiaki selain Hiroshi Tamaki-sama ^_^ dan Nodame yang diperankan Ueno Juri, tuh orang cocok banget dengan karakternya!!
    ehm...kalau saya menyebut yang satu ini, bakalan ditipuk oleh para otaku >_<, kalau tidak bisa Nodame Cantabile, gimana kalau....La corda d'oro
    anime/manga tentang musik juga....dan belum ada yang membuat versi doramanya, bahkan Jepang sekalipun >_<, hahahahaa...pasti jadi bahan pembicaraan kalau SM*SH mengadaptasi nih manga.Tapi...rasanya gimana gitu klo beneran di adaptasi....bakal tambah dicemoooh??!!