• Adam Lambert The Original High (Rekomendasi dan Review)



    (http://www.maxazine.nl/wp-content/uploads/2015/06/Adam-Lambert-The-Original-High.jpg)
     
    Adam Lambert akhirnya merilis album baru secara resmi berjudul The Original High pada 12 Juni 2015 yang lalu. Album ini memuat 14 lagu untuk versi deluxe dengan tiga track adalah bonus. Album ini bernuansa ‘dark’. Kali ini saya akan membahas keseluruhan album dan memberi rekomendasi pada Anda sekalian. Cekidot!



    1.  Ghost Town


    Lagu yang diawali dengan gitar sebelum akhirnya berbaur dengan suara Adam. Di lagu ini kita akan menemukan unsur etnik terutama di bagian hook yaitu refrain, “My heart is a ghost town”. Bagian itu paling menghentak, terasa kelam sekaligus menghipnotis.

    2.  The Original High


    Masih dalam beat yang bikin kaki menghentak, lagu yang nge-dance. Di sini ada bagian Adam dengan lengkingan, “So high…” sebelum refrain terakhir. 

    3. Another Lonely Night


    Satu hal yang nyeleneh di sini adalah suara sapi sebelum refrain. Lagu ini juga didominasi oleh suara jentikan jari dan dub step (benar nggak ya istilahnya?). Another Lonely Night juga masih mengajak pendengar untuk menjentikkan jari sekaligus menghentakkan kaki.  

    4. Underground


    Dibanding tiga lagu sebelumnya, lagu ini lebih tenang. Saya suka bagian refrain, “I want you, I need you, I want you to take me underground.”

    Instrument-nya bernuansa kelam, well… album ini memang dark menurut Adam Lambert. Saya berharap lagu ini dibikin versi orkestra

    5.  There I Said It


    Disambut oleh denting piano mellow. Lagu ini adalah lagu pop ballad yang dimeriahkan oleh handclap. Dari awal ke akhir lagu atmosfernya semakin megah dan menusuk-nusuk meski begitu, saya tidak memfavoritkan lagu ini.

    6.  Rumors (feat.Tove Lu) 


    Lagu duet pertama Adam dengan perempuan. Musik di track ini masih didominasi drum dan nuansa ‘kelam’. Hook-nya langsung dapat dari awal terutama di bagian refrain. 

    7. Evil in The Night


    Kembali menghentak penuh semangat dengan Evil in The Night. Lirik “Evil in The Night” dan “Fire in The Sky” membuat saya berpikir nih lagu cocok dengan imej Natsu Dragneel dari Fairy Tail meski lirik keseluruhan ternyata tidak bisa dipakai untuk Natsu

    8. Lucy (feat.Brian May)


    “Lucy! Run Away! Run Away! Ay ay ay!”

     
    Sumpah! Saat pertama dengar bagian refrain itu saya terbayang Lucy Heartfilia dari Fairy Tail pada bagian Tartaros arch ketika hanya Lucy satu-satunya yang ‘masih sadar’, tatkala rekan-rekan tim-nya tak ada dan Lucy diburu oleh para monster Tartaros untuk disingkirkan, sebelum Aquarius hilang dan Lucy bisa memanggil Raja Roh Bintang. Sekali lagi sayangnya hanya di bagian refrain yang cocok untuk Lucy~.

    Lagu ini langsung saya favoritkan dalam sekali dengar~

    9. Things I Didn’t Say


    Musik di album ini didominasi track menghentak termasuk yang satu ini. Tidak terlalu banyak komentar karena lagu ini tipe yang ‘Adam’ banget. Yang mudah diingat langsung itu bagian, “Uuuu aaaa uuuu aaaa.”

    10.  The Light


    Track ke sekian yang menghentak, “I am a fire and you are a rain.” Ini juga track yang ‘atmosfernya biasa’ bagi Anda yang mengikuti musik Adam Lambert. 

    11.  Heavy Fire


    Yang ini mengingatkan saya pada Runnin meski jika dibandingkan Runnin belum bisa digeser. Masih bernuansa kelam. Menurut saya lagu ini yang ‘kelamnya’ paling kuat mungkin karena musiknya juga jauh lebih gelap dari musik gelap di sepanjang album ini. 

    12.  After Hours (Bonus Track)


    Lagu yang cozy tapi ‘biasa’ dan tidak memiliki ‘hook’ jika dibandingkan dengan lagu-lagu Adam di track sebelumnya. Sayang sekali T_T. 

    113.  Shame (Bonus Track)


    Bernada lebih ‘ceria’ dibanding musik yang mendominasi album ini. 

    114.  These Boys (Bonus Track)


    Lagu terakhir, pembukanya ‘lucu’ di telinga saya. Salah satu track bonus untuk versi deluxe ini bernuansa riang dan agak ‘country’. Musiknya juga beda dengan musik Adam selama ini. Fresh dan menyenangkan untuk didengar, tentu saja bisa bikin kaki menghentak.


    Jadi, dari keseluruhan lagu yang berjumlah 14 (versi deluxe) saya menandai beberapa track rekomendasi dengan bold. Jika dihitung, ada sekitar 12 lagu yang harus didengar dan jadi favorite saya~. Ini album yang jauh lebih baik dibandingkan dua album sebelumnya (For Your Entertainment dan Tresspassing). Good job, Adam!

    Berharap untuk album selanjutnya Adam bisa konsisten dengan kualitas bahkan lebih baik.

    Sebagai catatan, penilaian ini didasarkan pada selera pribadi jadi ada kemungkinan Anda berbeda pendapat dengan saya.