Rekomendasi Soundtrack Anime Part I

Hello! Konnichiwa, Minna!

Kali ini saya akan membagi playlist musik anime yang menurut saya terbaik.

Hajimemashou!

(http://assets.huluim.com/shows/key_art_hikaru_no_go.jpg)

1. Hikaru No Go

 Lagu-lagu yang ada pada anime Hikaru No Go benar-benar the best-lah. Semuanya oke. Get Over-Dream, I'll Be One-Hal, Music is My Dream-Dream, Days- Shela, Bokura no Bouken -Kids Alive, Hitomi no Chikara, Fantasy - Nana Katase, dsb adalah lagu-lagu dengan tingkat hook tinggi. Nggak rugi kalau dengerin satu album soundtracknya + nonton animenya. Ceritanya bertema permainan igo (catur Jepang). Soundtrack Hikaru No Go saya beri nilai A.

2. Inuyasha

(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiK0OiJgQ9G1dIbiAPfsKrdEOMjJaPZt8dRvmDsYMHdVq_y4Rit6CC0T-IT7Bjphfp9tqK6-qNRJbp313lJY8Sm2CPym40eUpThLPkgzHCelxI18tJCvuEdY2wi53_ofINStQsEqfZzq4/s1600/Inuyasha.world_Mystic.Trunks.jpg)

Inuyasha baik Inuyasha maupun Inuyasha : Final act dihiasi oleh lagu-lagu yang TOP. Mulai dari Change The World- V6, Dearest, No More Words - Ayumi Hamasaki, Every Heart-BoA, Four Seasons, Come- Namie Amuro, Fukaimori, Shinjitsu No Uta, Rakuen- Do As Infinity, Yura Yura, Ai No Uta- Every Little Thing, dan masih banyak lainnya.  Soundtrack Inuyasha saya beri nilai A.

3. Full Metal Panic

(http://www.pasarbebas.com/wp-content/uploads/2013/10/jual-dvd-anime-full-metal-panic-2rbgb-673939.jpg)

Pernah denger lirik gini nggak?

"Berdua mencari tempat berlindung
 Kita berlari di tengah hari hujan,"

- Tomorrow, Versi Indonesia-

atau  

" Berjumpa denganmu sungguh bahagia
  Bergandengan tangan ku sungguh bangga
  Meskipun kini kita menatap langit yang berbeda tapi, aku bisa melangkah sendiri."

-Karenai Hana, Versi Indonesia-

Yups! Dua lirik di atas merupakan soundtrack Full Metal Panic yang diadaptasi menjadi versi Indonesia. Saya langsung jatuh cinta dengan dua lagu tersebut di episode pertama Full Metal Panic.

Nah, lagu-lagu ini aslinya dinyanyikan oleh Shimokawa Mikuni. Saya mengetahui adanya Shimokawa Mikuni semenjak mendengar lagu-lagunya di Full Metal Panic, baik itu Full Metal Panic, Full Metal Panic Fumoffu, sampai ke Full Metal Panic The Second Raid. Saya suka lagu-lagu Shimokawa Mikuni. Tomorrow, Karenai Hana, Sore Ga Ai Deshou, Minamikaze, Mou Ichido Kimi ni Aitai merupakan sederet judul lagunya yang dijadikan soundtrack anime ini. Soundtrack Full Metal Panic juga saya beri nilai A. 

4. Rave 
(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPy0NU4qRox1Mv7542XDPPl1nD0w0virUI0BhlM2nv46PvSlQOzXTdt2rxgG6fqHLkHwm4vWDiuURUpTjZjccRcaBznx2SOnaZrbZG6_VtgH5IMq4GhOfAGoao5rZulLX-sv-7xnRF_zM/s1600/Rave_Master___Elie_and_Haru_by_tanjiajin.jpg)

Jika di Full Metal Panic didominasi oleh Shimokawa Mikuni, di Rave didominasi oleh Yonekura Chihiro. Dua lagunya yaitu Butterfly Kiss dan Kohaku no Yuri Kago yang dipakai di Rave benar-benar bernilai A+. Dua lagu ini pernah jadi favorit saya sampai beberapa tahun. Saat ini pun jika mendengar dua lagu ini, saya tetap menjadikannya favorit. Selalu jadi favorit. Saya juga suka Haru dan Elie. Saya suka Hiro Mashima (mangaka Rave), sehabis Rave, saya mengikuti Fairy Tail (Hiro Mashima juga). Soundtrack Rave ini saya beri nilai A.

5. Digimon

(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieha4Ous5DJQInMXwsBjl4mhtPbe8GvtuI_6kAr52bznNICFPPUufqAB8O-o4FNDfWyBwpbXBDb4FE3T1sJ9mxTtavVfkuAmOkx35LNxm8ihdnkCG0XjMHyBFyOEYxLt0cc2_YXqTNQJw/s1600/digimon.jpg)

Ada yang masih ingat cuplikan lirik ini?

"Menjadi kupu yang hebat
Terbawa angin berkilau
Sekarang kupergi untuk bertemu dikau."

Haha, Digimon!.

Saya ingat saya masih SD ketika menonton Digimon, dan tergila-gila dengan lagu opening yang didubbing versi Indonesia itu. 

Ada juga yang gini,

"Dimulai cerita yang berputar dengan cepatnya
 Permukaan tanah berubah merah."

Soundtrack digimon 2. Semuanya bagus-bagus. Digimon Timers juga bagus OST-nya yang My Tomorrow dan Rock & Roll.

Jadi kangen masa anak-anak. Lagu anime didubbing wkwkwkwk.
Soundtracknya saya beri nilai A.

6. Hyouka

(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiggRhL2k8gOpLXnFTmoklm__7ZlF9qXxTYNub44J_eWZY7aOuP1S4MpoGO-Gs5JR62_BH-nD_0zEhzrz6OhQecDlLcT7iGpTSSZiWllpXOM28qMP0VRo2fppytg0NjhokCJhhUTRF857aB/s640/Hyouka.jpg)

Salah satu anime favorit saya, Hyouka. Selain cerita dan karakter yang huwaah, anime Hyouka dihiasi oleh musik-musik yang oke. Lagu-lagu opening dan endingnya TOP. Saya jarang mendengar anime 2010 ke atas yang soundtracknya keren-keren (yang ada hook), yaa meskipun saya jarang menonton anime beberapa tahun belakangan ini, saya masih sering searching lagu anime rekomendasi orang. Playlist anime saya akhirnya nambah ketika saya menonton Hyouka. Yokatta!. Soundtrack Hyouka ini saya beri nilai A.

7. Kokoro Connect
(http://fc05.deviantart.net/fs71/i/2013/024/8/8/kokoro_connect___group_2_render_by_anouet-d5sk253.png) 

Kokoro Connect juga dihiasi oleh lagu-lagu oke. Meskipun anime ini tidak saya tonton sampai habis karena diinterupsi oleh anime Kotoura-san. Soundtracknya saya beri nilai B+ karena animenya tidak membuat saya ingin nonton sampai habis.

8. Naruto 

                                                             http://fastangel.com/wp-content/uploads/2013/11/naruto-uzumaki.jpg

Mulai dari lagu Harmonia, Wind, Haruka Kanata, Home sweet Home, Go, Nakushita Kotoba, Kanashimi wo Yasashisa ni dan sebagainya, saya dengan anteng menonton Naruto ketika SMP. Lagu-lagunya berhasil membuat saya "Ayo didengar lagi". Lagu paling berkesan adalah Nakushita Kotoba, saya pernah nangis dengernya meski waktu itu nggak tahu maksud lagu ini. Ketika saya dengernya di tv, waktu itu scenenya hanya Naruto dan Sakura, mereka kehilangan Sasuke yang memutuskan keluar dari Konohagakure. Huwaaaaa. Entah mengapa scene ini sedih sekali menurut saya waktu itu. Sayangnya, saya mengikuti cerita Naruto hanya sampai Naruto Shippuden beberapa episode awal saja. Saya vakum menonton anime (meski kembali aktif tahun ini) sekarang Naruto saya drop. 

9. Bleach

(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7LRB84jjQt_5xwdQghbh3BWl4ruh_l3cUJn92lXHH_CY5gQkmXj7XmTMyYwDPDBK6A8DslaRtjOcXl-x4fXO8w1ZlLJ32Un4-J0FXgzhXnKIJaUS_KOXDbPOkUJlzT1mZxBHnbMR0dHmV/s1600/bleach.jpg) 

Lagu-lagu soundtrack Bleach juga bagus-bagus meski anime ini sudah saya drop karena terlalu panjang. Di antara soundtracknya saya suka Hitohira no Hanabira ga miliknya Stereo Pony, saya sangat menyukai lagu ini sampai sekarang. Ada juga Sakura Biyori, Asterisk, Orange, Houkiboshi, Ichirin no Hana, dsb. Meski tidak semua lagu ada 'hook'nya. Soundtrack ini saya beri nilai B+ karena animenya tidak saya ikutin lagi.

10. DN Angel
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiexr8OrAcpl91355zYcd4I6-o__hv2kcZuC5Sy6eUahv2fQE0qgFDHKhY6a0XdeobfCpBD09FrcPitcqrhWknXfOrfqkocy58TvO3D7yqO_Fax0uW0IcqbKRB3USPg1jPCqvyFqotLPXI/s1600/dn-angel1.jpg

Yasashii go go, Byakuya True Light, dan Hajimari no Hi merupakan track-track favorit saya dari anime DN Angel. Dulu saya dan sahabat pena saya, Sukma Liga sering membicarakan anime ini disurat kami waktu SMP. Sekarang sudah tidak surat-suratan lagi sih, sudah kumpul di facebook.

11. Trouble Chocolate

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvVahN9xq2h4ERSvWAnK7ZvaF8-KnXi49WlBUYD0U4cytcyFApr8dyGBdWWeuOSHRtuMWoUrEEmXBETvvopLTlufwWKqjzpwajeQtLQmSmJ6N49AM05JKIQ6EMM8x5XvUoWE9mrtoQ4m8/s400/troublechocolate.jpg

 "Dicintai oleh dirimu bagai lukisan senja di sore hari
  Setiap kali aku sedang berduka, kau pasti selalu menghiburku."

  - Nee, Nande, Versi Indonesia-

Meski saya jarang nonton Trouble Chocolate di tv (yang waktu itu sempat di-cut penayangannya), alhamdulilah sampai detik ini saya masih hafal lagunya. Baik penyanyi asli ataupun yang versi Indonesia saya suka. Saya suka tipe vokalnya. 'lembut', mengingatkan saya dengan almh.Ritsuko Okazaki. Di Indonesia mungkin tipe vokal Gita Gutawa. 

Saya hanya tahu dua lagu dari Trouble Chocolate, opening dan endingnya doang. Kedua lagu itu bernilai A untuk saya. 

Jadi kangen denger lagu anime disulih ke dalam bahasa Indonesia.

12. Ragnarok The Animation

(http://www.duniaku.net/wp-content/uploads/2013/06/ragnarok-the-animation-wallpaper-normal.jpg)

Tontonan tiap pagi waktu SMP nih. Kalau tidak salah ingat, tayangnya sekitar jam 5.30 an? atau minggu, ya? Sudah mulai lupa maaf!. Lagu opening dan endingnya bagus meski cerita di anime ini tidak begitu menarik. Yaaaa tapi saya tetap nonton sampai episode terakhir wkwkwwk.

13. Gundam Seed Destiny

http://static1.wikia.nocookie.net/__cb20081012020648/gundam/images/0/05/Seed_destiny01.jpg

Nami Tamaki adalah salah satu penyanyi pentolan Gundam Seed/Gundam Seed Destiny saking banyaknya lagunya disumbangkan untuk soundtrack Gundam Seed. Lagu Reason menjadi salah satu track paling favorit saya sampai detik ini yang juga membuat saya mendengarkan lagu-lagu Nami Tamaki lainnya yang nggak kalah bagus dari Reason seperti Destiny dan Fly Away.  Oh ya, selain Nami Tamaki, Gundam Seed juga diisi oleh lagu-lagu miliknya See Saw, TM.Revolution, Arisaka Mika, High and Mighty Colour, Tanaka Rie, dsb yang saya beri nilai A.

14. Law Of Ueki

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjq7GgS_WeakQGEFd9lOxwkG20nArkMGdnjXgI8zlxxVv92mrrZ6T4Pc-9_W68ydCHOLKKFdLzNRRm3bHtIFhoW30YOxk6eJ02cI2Mg0phwtJKgKml14HqJL0nT6QNJ2OuEv_WKW0ucrAo/s1600/the_law_of_ueki.jpg

Ini tontonan saya zaman SMA. Soundtracknya bagus-bagus, seperti Falcon miliknya Shimatani Hitomi, btw Shimatani Hitomi juga pernah ngisi soundtrack Inuyasha. Trus ada Koda Kumi dengan lagu No Regret, kemudian ada lagu Eartship miliknya Sweets dan soundtrack pamungkas aka paling favorit saya adalah Kokoro No Wakusei ~Little Planet~. Huwaaa setiap denger lagu Kokoro No Wakusei bawaannya adem banget.

15. Shaman King

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWTj4U9osDZL0WDb8WhAuaJ7BdPg9vZ7KEz5mcc1xRGpX9alObHQl8ysBCnJxCvNmouo0FDgtEUlwin-w5rapIFh7kfVcPx7QdpNavTFksuSUivTXjtiKxjh1nuIvHb8hPixuQUB0zGqw/s1600/cover.jpg 

Saya inget, setiap hari minggu pukul lima pagi di Antv ada Shaman King yang membuat saya harus bangun sepagi itu waktu SMP wkwkwkw. Sayangnya saya tidak mengikuti anime ini sampai tamat. Saya suka lagu opening dan closingnya yang didubbing ke versi Indonesia. Seperti gini nih :

"Kurasakan angin sepoi berhembus lembut menyibakkan rambutku
 Hari ini kusendiri kupandang indahnya langit kala senja."

-Trust You, versi Indonesia-

16. Eyeshield 21

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWIxd_cxzPWuUq7ZAvQb2vXP0rzYqouGmRH2ffZin9Bm8l0Ct5qQe6ReqOoH6AYtQazkr0_z-8LQrb3svmNuVeGU4QqpFgfoyWcUKcHmdsiMI3mcJaMvpOpXxc8uWAM_cRT_PpKElZLz0/s1600/eyeshield21.png

Ya-Ha akhirnya soundtrack selanjutnya adalah milik Hiruma-san dkk yang tergabung dalam anime Eyeshield 21. Ada lagu Innocence, Goal, Flower, Breakthrough dll yang TOP banget. Nih anime, sudah ceritanya oke, karakter-karakternya kuat, soundtracknya bagus, ada Hiruma Yoichi pula (salah satu char favorit saya) sayangnya animenya tidak sampai volume terakhir manga (hiks).

17. Fairy Tail

 
Salah satu karya Hiro Mashima yang sangat saya sukai :). Lagu di OST Fairy Tail yang bikin saya ketagihan antara lain: Kimi Ga Kureta Mono by Kudou Shizuka, Hajimari no Sora” by +Plus, S.O.W. Sense of Wonder” by Idoling, Kanpeki gu~no ne” by Watarirouka Hashiritai, Kimi ga Iru Kara” by Mikuni Shimokawa, Be as One” by w-inds, Lonely Person” by ShaNa, Don’t think.Feel !!!” by Idoling!, Glitter by.Mayumi Morinaga feat. Another Infinity, dan We’re the stars” by Manami.

Oke. 17 Soundtrack anime??!!.

Soundtrack apa lagi ya yang bagus?

Samurai X (Rurouni Kenshin) bagus juga loh. (Saya baru inget). Saya suka Sobakasunya Judy and Mary, Namida wa Shitteru, trus 1/2 dan sebagainya.

Ehm apa lagi, ya?

Beberapa soundtrack anime yang bagus masih ada sih, tapi nggak 'penuh' seperti soundtrack yang saya susun 1-17 dibahasan sebelumnya. 

Jika masih kurang rekomendasinya, saya akan kasih lagi beberapa lagu anime bagus (menurut saya), bagus di sini dalam artian memiliki 'Hook', lagu dengan lirik bagus tapi nggak ada hook nggak akan saya masukkin. Adapun lagu yang punya hook tapi lirik nggak bagus, masih saya masukkin karena lagu bagus atau nggak itu faktor utama adalah 'hook'. Oke, check these:

1. Ichiban No Takaramono. Soundtrack Angel Beats. Salah satu lagu ballad terbaik menurut saya.
2. Secret Base. Soundtrack Anohana. Setipe dengan lagu Ichiban no Takaramono, ditambah menonton animenya bakal lebih menghayati.
3. For Fruits Basket - Ritsuko Okazaki. Soundtrack Fruits Basket. No Comment, it's the best ballad song
4. Serenade - Ritsuko Okazaki. Soundtrack Fruits Basket. Ballad
5. Sweet Days. Soundtrack Whistle
6. White Destiny. Soundtrack Pretear
7. I'll be Your Home. Soundtrack Devil May Cry
8. Hikari-Elisa. Soundtrack Nabari no Ou
9. Don't Say Lazy. Soundtrack K-ON!
10.Brand New Breeze. Soundtrack La Corda d Oro
11. Unlimited - Aikawa Nanase. Soundtrack Samurai Seven
12. Blue Moon - Nana Mizuki. Soundtrack Shugo Chara. Ballad
13. Higurashi no Naku Koro ni. Soundtrack Higurashi no Naku Koro ni
14. Days - Flow. Soundtrack Eureka Seven
15. Lagu-lagunya ON OFF (Butterfly ost Durara, Rondo ost Vampire Knight) 
16. Again-Yui. Soundtrack Full Metal Alchemist Brotherhood
17. Aikoi. Soundtrack Tsubasa Reservoir Chronicle
18. Nee- Fujita Maiko. Soundtrack Hiiro No Kakera (Rata-rata OST Hiiro No Kakera itu bagus)
19. Cherry Blossom - Rie Horie. Soundtrack Golden Time
20. Fantastic Future. Soundtrack Henneko
21. Yuu. Soundtrack Legend Of Condor Hero
22. Kimi ga Ireba - Iori. Soundtrack Detective Conan
23. I Believe ~Tameiki~. Soundtrack Detective Conan
25. Lagu-lagu OST Beelzebub juga lumayan bagus
26. Before Dawn. Soundtrack One Piece
27. Lagu Pokemon opening pertama
28. Lagu Sailormoon opening pertama

Yup. Hela napas.

Banyak banget??!!

Dan ini baru sebagian karena saya memang belum master di dunia anime. 

========================================================================
"Untuk keluar dari tempat ini mudah. Jika kamu adalah 'buronan', kamu hanya perlu bersembunyi dan jangan sampai ditemukan. Tapi, jika kamu 'pencari', kamu harus menemukan buronan agar bisa keluar. Waktu untuk permainan ini sampai besok pagi. Untuk memulai permainan, kalian diharuskan memakai gelang digital yang ada di ruang OSIS. Gelang itu akan menunjukkan jam, jumlah pemain yang tersisa, dan peran yang kalian harus mainkan..".

Via, temanku yang berambut keriting menyela penjelasan suara itu dengan gugup, "M-me-mangnya k-ka-mi h-harus mengikuti permainanmu? Siapa anda? Anda mau main-main dengan kami? K-ka-mi mau pulang sekarang!".

"Jika tidak mau ikut bermain. Kau akan terjebak selamanya di sini sampai ada orang-orang yang bermain dan kau ikut permainan mereka. Bagaimanapun, kau harus ikut permainan".

(#ShotOfMystery, #PetakUmpet)
Silahkan Rating dan Review di Goodreads.
=========================================================================

Btw, tolong abaikan EYD yang berseliweran penuh kesalahan~ 
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mai Kuraki in the poetry

Apa Itu Premis, Logline, dan Sinopsis

Contoh Kerangka Karangan (Outline) Novel